Benarkah Olahraga Sebelum Sarapan Bikin Tubuh Lebih Cepat Langsing? Gini Hasil Penelitian Ahli

Benarkah Olahraga Sebelum Sarapan Bikin Tubuh Lebih Cepat Langsing? Gini Hasil Penelitian Ahli

Pembakaran lemak sangat diperlukan dalam upaya menurunkan berat badan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak lebih cepat adalah dengan rutin olahraga. Selain itu, banyak bergerak juga membantu mengeluarkan kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Seiring dengan ini, muncul anggapan kalau olahraga sebelum sarapan bisa membakar lemak lebih cepat dari biasanya. Hal ini karena tubuh secara otomatis membakar sisa-sisa makanan dan cadangan lemak terlebih dahulu karena tidak ada asupan yang masuk. Lantas benarkah demikian?

Rupanya, anggapan itu benar adanya. Dikutip dari Healthline, olahraga sebelum sarapan dapat membakar lebih banyak lemak. Tidak hanya itu saja, olahraga sebelum sarapan juga membantu mengontrol gula darah dengan lebih baik.

Olahraga Pagi Hari (Tribun Jabar)

Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Di mana, peneliti dari Universitas Bath dan Birmingham mengamati belasan pria yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas selama 6 minggu.

Sebagian dari mereka diminta sarapan sebelum olahraga sementara yang lainnya olahraga lebih dahulu baru sarapan. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan mampu membakar lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah makan pagi. 

Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan mereka yang olahraga setelah puasa semalaman punya kadar insulin yang lebih rendah selama berolahraga. Menariknya lagi, olahraga pagi hari bisa menekan nafsu makan di sisa harinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"