Benarkah Olahraga Saat Sakit Flu Bikin Cepat Sembuh? Ternyata Penjelasannya Mengagetkan!

Benarkah Olahraga Saat Sakit Flu Bikin Cepat Sembuh? Ternyata Penjelasannya Mengagetkan!

Olahraga  memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk sistem kekebalan tubuh. Lakukan olahraga ringan selama 30 menit lima kali seminggu sudah cukup untuk membawa manfaat bagi kesehatan. Tapi karena ini juga, beberapa orang mungkin berpikir kalau olahraga saat sakit flu  bisa membantu ‘mengeluarkan keringat’ dan membuat kondisi sedikit membaik.

Namun ternyata penjelasannya terbilang cukup mengejutkan. Dikutip dari Bisnis.com, belum ada bukti yang menjelaskan kalau olahraag saat sakit flu bisa mempersingkat penyakit atau membuatnya tidak terlalu parah. Tapi yang perlu diingat, kalau olahraga bisa membuat tubuh stres yang pada gilirannya akan membuat sel-sel kekebalan kurang mampu merespon patogen atau kuman.

Foto: Olahraga Saat Sakit (BantenNews)

Ini juga berkaitan fakta kalau tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan energi yang tersimpan dalam bentuk glukosa saat olahraga. Keduanya juga dibutuhkan oleh sel kekebalan tubuh untuk membantu melawan virus. Jika tubuh melawan infeksi dan terkena stres olahraga, hal ini mungkin tidak bermanfaat untuk respons imun.

Akan tetapi, kamu bisa berolaharga jika fisik mampu untuk melakukannya. Kalau kamu merasakan gejala flu di bagian atas leher seperti kepala pusing atau hidung tersumbat, mulailah dengan olahraga intensitas rendah untuk melihat respon tubuh. Jika merasa baik-baik saja, kamu boleh meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"