Benarkah Olahraga Ringan Bantu Memperlancar Produksi ASI? Begini Penjelasan Pakar Kesehatan

Benarkah Olahraga Ringan Bantu Memperlancar Produksi ASI? Begini Penjelasan Pakar Kesehatan

ASI  atau air susu ibu merupakan nutrisi utama untuk bayi sejak lahir yang sekaligus berguna menunjang tumbuh kembangnya. Jadi tidak heran kalau semua ibu menyusui akan memperhatikan produksi ASI mereka. Para ibu pun akan melakukan upaya apapun demi menjaga kelancaran ASI-nya.

Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah konsumsi makanan sehat. Namun ternyata selain dari faktor makanan, olahraga  ringan juga bisa membantu melancarkan ASI. Akan tetapi, perlu diketahui kalau olahraga saat menyusui tidak memberikan pengaruh besar terhadap suplai ASI.

Foto: Olahraga Perlancar ASI (KlikDokter)

Ibu menyusui juga tidak boleh terlalu memforsir dirinya untuk olahraga. Ibu disarankan untuk melakukan gerakan olahraga ringan saja. Seiring dengan hal ini, pelatih kebugaran sekaligus pakar kesehatan, Nadia Murdock juga mengatakan proses menyusui membakar kalori sang ibu. Oleh karena itu, ibu sebaiknya konsumsi kalori ekstra.

“Menyusui cenderung membakar 400-500 kalori ekstra per hari, jadi penting untuk mengganti kalori tersebut dengan diet yang tepat dan terlebih lagi lakukanlah banyak latihan kardio. Tanpa kalori ekstra, lebih sulit menghasilkan ASI. Dan, hindari makan kalori kosong serta patuhi clean eating,” kata Nadia Murdock yang dilansir dari laman Aaptiv.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"