Bekal Ramadan: 4 Tips Gowes Saat Puasa, Nomor 3 Paling Penting

Bekal Ramadan: 4 Tips Gowes Saat Puasa, Nomor 3 Paling Penting

Walaupun sedang berpuasa, tidak sedikit orang yang tetap melakukan olahraga. Beragam jenis olahraga yang dilakukan salah satunya bersepeda. Gowes saat berpuasa memang tidak dilarang asalkan tidak mengganggu berpuasa. Apa saja tips gowes saat puasa agar ibadah lancar dan kebugaran tubuh tetap terjaga?

1. Bersepeda Santai

Bersepeda dengan santai sanngat dianjurkan dilakukan saat puasa. Bersepeda santai dengan jalur yang bersahabat atau menghindari tanjakan curam adalah tips pertama gowes saat puasa. Bersepeda dengan rute yang menantang bisa membuat tubuh semakin lelah. Pilihlah rute yang banyak pohon sehingga tak mudah lelah.

Jarak bersepeda juga disarankan dikurangi. Apabila sebelum berpuasa saat gowes bisa menempuh jarak sekitar 15 – 20 kilometer, saat puasa tentu harus dikurangi misalnya maksimal 5 kilometer saja.

Tips Gowes Saat Puasa (Okezone Travel)

2. Membawa Perlengkapan

Berolahraga sepeda tidak hanya memperhatikan sepeda saja lho. Perlengkapan bersepeda juga harus disiapkan. Misalnya menggunakan helm atau topi atau jersey sepeda lengan panjang atau baju lengan panjang untuk mencegah sinar matahari ketika bersepeda pada pagi hari. Memakai pelindung seperti helm, topi, dan baju panjang bisa mencegah tubuh tidak cepat lelah saat bersepeda. 

3. Istirahat Bila Lelah

Jangan pernah gengsi untuk istirahat bila tubuh merasa lelah. Fisik orang berbeda-beda. Saat istirahat penting untuk mengambil napas panjang agar oksigen kembali terisi pada darah karena sudah berkurang dalam proses pembakaran energi.

Kapan waktu yang tepat untuk beristirahat saat sedang gowes? Bisa dilakukan istirahat setelah menempuh jarak tiap 3 – 5 kilometer. Waktu istirahat bisa dilakukan selama 15 menit. Kemudian bisa dilanjutkan untuk berjalan lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"