Apakah Pemain Dibayar Saat Membela Timnas Indonesia?

Apakah Pemain Dibayar Saat Membela Timnas Indonesia?

Menjadi pemain timnas sepak bola Indonesia pasti mendatangkan rasa bangga. Tidak semua pemain sepak bola di Indonesia mendapat kesempatan untuk bermain di level timnas. Lalu apakah pemain timnas Indonesia mendapat bayaran saat membela negara, baik dalam kejuaraan atau pertandingan persahabatan?

Mantan Exco PSSI Hasani Abdulgani pernah mengatakan dalam kanal YouTube pribadinya bahwa pemain yang membela timnas tidak mendapat bayaran. Menurutnya semua pemain wajib untuk membela timnas ketika mendapat panggilan. “Itu adalah kewajiban saat menandatangani klubnya,” ujar Hasani.

Hasani mengatakan bayaran pemain didapat dari klub yang mengontrak mereka bukan dari timnas atau organisasi seperti PSSI. Sepertinya bermain di timnas Indonesia adalah kebanggaan dan tidak bisa diganti dengan uang dalam jumlah berapa pun, sebagai wujud rasa cinta kepada negara sebagai seorang atlet sepak bola.

Bayaran Pemain Timnas (Bola.net)

Pemain timnas yang mendapat kesempatan membela negara selain dapat rasa bangga juga mendapat keuntungan meski tidak dibayar. Para pemain pasti mendapat pengalaman dibandingkan pemain lain yang belum pernah bermain untuk timnas merah putih. Bahkan pemaint timnas akan lebih populer di kalangan masyarakat.

Bahkan yang belum banyak diketahui masyarakat dengan image sebagai langganan timnas maka seorang pemain bisa memiliki nilai kontrak atau gaji yang besar. Ketika pemain akan pindah klub tentu klub-klub yang ingin merekrutnya harus membayar mahal karena sebagai pemain timnas.

Walaupun tidak mendapatkan bayaran selama membela timnas, namun pemain timnas biasanya mendapat uang saku. Namun tidak diketahui berapa jumlah uang saku yang didapatkan kala membela timnas dalam pertandingan internasional atau sebuah kejuaraan, seperti Piala AFF hingga SEA Games.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"