Jangan Disepelekan, Begini Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang yang Benar

Jangan Disepelekan, Begini Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang yang Benar

Sebelum melakukan olahraga disarankan untuk melakukan pemanasan, termasuk berenang, Gerakan pemanasan sebelum berenang bisa membantu tubuh mengantarkan oksigen ke otot yang bergerak dan mengurangi risiko cidera otot dan tendon. Pemanasan sebelum berenang juga menjadikan otot lebih fleksibel sehingga bisa melakukan gerakan renang dengan efisien.

Saat melakukan gerakan pemanasan sebelum berenang bisa dilakukan di pinggir kolam renang selama 10-15 menit. Cidera yang bisa dialami jika tidak berenang antara lain cidera bagian bahu. Karena bahu masih kaku akibatnya otot tulang belikat terjepit dan mengalami peradangan. Cidera bagian tubuh lainnya bisa alami nyeri. Lalu bagaiamana cara pemanasan sebelum berenang yang benar?

Latihan Peregangan Punggung

Gerakan pemanasan untuk otot punggung dilakukan dengan cara yang mudah. Misalnya berbaring di lantai tepian kolam renang dan memutar pinggang ke kanan dan kiri selama beberapa kali. 

Latihan Peregangan Bahu 

Latihan peregangan bahu bisa mendatangkan manfaat untuk mengendurkan bagian otot bahu yang tegang di sekitar bahu. Caranya dengan memutar lengan atau mengayun lengan dengan cara kedua tangan direntangkan sejajar bahu. Lakukan gerakan memutar secara bersamaan.

Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang (YesDok)

Latihan Peregangan Tulang Belakang

Gerakan pemanasan sebelum berenang dengan peregangan tulang belakang bisa dilakukan dengan gerakan cobra pose. Cobra pose adalah posisi berbaring telungkup dengan telapak tangan menempel di lantai dan di samping dada. Tinggikan kaki lurus di belakang dan tekan ujung kaki ke lantai. Buang napas dan tarik otot perut ke atas dan ke arah tulang belakang. 

Jangan menekan lengan atas untuk menahan dan jaga posisi tulang pinggul di lantai. Coba alihkan tatapan wajah ke bawah lantai untuk mengendurkan otot leher perlahan-lahan sembari menurunkan punggung bawah.

Latihan Peregangan Kaki

Untuk bagian kaki coba lakukan gerakan pemanasan yang sederhana yakni dengan memutar-mutar dan menggerakkan pergelangan kaki. Otot kaki sangat penting digunakan dalam olahraga berenang karena berfungsi memberikan dorongan tubuh ke depan sekaligus menjaga keseimbangan di dalam air.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"