5 Tips Berenang untuk Wanita Hamil, Gak Boleh Sembarangan

5 Tips Berenang untuk Wanita Hamil, Gak Boleh Sembarangan

Berenang adalah satu dari beberapa jenis olahraga yang boleh dilakukan seorang wanita hamil. Sebab berenang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selama hamil dan juga kesehatan janin dalam kandungan. Selain manfaat, tips berenang untuk wanita hamil juga perlu diketahui agar saat berenang tidak dilakukan sembarangan.

Manfaat berenang untuk wanita hamil salah satunya bisa melancarkan peredaran darah. Berenang juga bisa memperkuat fungsi organ jantung dan memenuhi oksigen bagi wanita hamil dan juga janin yang ada dalam kandungannya. Berenang juga bisa membantuk wanita hamil yang mengalami keluhan nyeri pada punggung.

Biasanya rasa pegal muncul karena pertumbuhan janin yang semakin besar sehingga tulang bagian belakang harus bekerja lebih ekstra dalam menopang tubuh. Ternyata berenang juga bisa memperlancar proses persalinan. Jika kondisi bayi dalam kandungan sungsang, untuk mengembalikan posisi bayi untuk persalinan normal, bisa dilakukan untuk berenang.

Tips Berenang untuk Wanita Hamil (Halodoc)

Sebelum melakukan olahraga berenang, disarankan para wanita hamil berdiskusi dengan dokter kandungan lebih dulu agar mendapatkan rekomendasi secara medis dengan baik. Lalu apa saja tips berenang untuk wanita hamil?

Usia Kehamilan

Banyak wanita hamil yang ragu untuk memulai berenang. Misalnya yang hamil memasuki trimester pertama takut janinnya bermasalah atau trimester ketiga takut janin mengalami kontraksi. Ternyata berenang adalah olahraga yang aman selama dilakukan dengan baik. Untuk usia kehamilan cukup bebas, baik itu trimester pertama, kedua, dan ketiga diperbolehkan untuk berenang.

Pilih Kolam Renang

Untuk berenang bisa dilakukan di kolam renang pribadi di rumah atau kolam renang umum. Perlu diperhatikan bagi wanita hamil yang mau berenang di kolam renang umum karena harus mengecek kebersihannya. Pilih kolam renang yang airnya jernih, bersih, dan tidak berbau klorin tajam. Suhu air di kolam renang juga sekitar 27 derajat hingga 33 derajat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"