5 Tips Aman Olahraga Sendiri Di Rumah Tanpa Cedera, Jangan Diabaikan Ya!

5 Tips Aman Olahraga Sendiri Di Rumah Tanpa Cedera, Jangan Diabaikan Ya!

Semenjak pandemi Covid-19, banyak orang yang memutuskan untuk olahraga  di rumah untuk tetap menjaga kebugaran. Alhasil, hal ini seakan sudah menjadi kebiasaan dan kenyamanan tersendiri meskipun kini pemerintah sudah memperbolehkan untuk olahraga di gym. Beberapa orang juga merasa olahraga mandiri di rumah memberikan keuntungan tersendiri.

Misalnya, kita tidak perlu repot untuk mendaftar keanggotaan, tidak perlu menyiapkan bekal sampai bebas mengantur jadwal olahraga. Walaupun banyak kemudahan, kamu juga perlu memperhatikan keselamatan agar bisa terbebas dari cedera. Berikut ini sejumlah tips yang bisa diikuti agar lebih nyaman dan aman berolahraga. Apa saja tips olahraga  itu? Scroll yuk!

1.    Awali Pemasanan, Akhiri Pendinginan

Olahraga dengan aman artinya kamu harus selalu meluangkan waktu selama beberapa menit di awal untuk pemanasan. Selain mencegah cedera, pemanasan juga bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman selama bergerak. Setelahnya, olahraga harus diakhiri dengan pendinginan. Hal ini bertujuan untuk merilekskan kembali otot-otot di tubuh. Pendinginan juga bisa membantu mencegah nyeri atau pegal berlebihan setelah olahraga.

2.    Atur Intensitas Olahraga

Foto: Olahraga Di Rumah (Liputan6)

Usahakan untuk memulai olahraga dengan intensitas ringan terlebih dahulu. Jangan langsung olahraga dengan aktivitas fisik yang berat karena bisa menyebabkan cedera. Jika memang sudah mulai olahraga, kamu bisa meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap.

3.    Pakai Perlengkapan Olahraga Yang Sesuai

Perlengkapan olahraga seperti sepatu dan pakaian juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan untuk mendukung fleksibilitas. Pilih sepatu yang tepat dengan jenis aktivitas fisik yang dilakukan serta pakaian yang membuatmu bergerak bebas. Hindari menggunakan kaos kaki, sandal jepit, sepatu rumah, atau alas kaki kasual lainnya untuk berolahraga karena bisa meningkatkan risiko cedera, jatuh dan terpeleset.

4.    Cukupi Kebutuhan Cairan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"