5 Gerakan Olahraga Yang Bantu Atasi Nyeri Lutut, Mampu Buat Otot Lebih Kuat Dan Fleksibel

5 Gerakan Olahraga Yang Bantu Atasi Nyeri Lutut, Mampu Buat Otot Lebih Kuat Dan Fleksibel

Lutut  merupakan salah satu bagian tubuh yang punya peran penting. Diketahui, lutut menopang tubuh saat beraktivitas. Mulai dari berjalan, berlari, melompat sampai naik turun tangga tidak lepas dari bantuan sendi lutut. Oleh karena itu, sakit di bagian lutut bisa menghambat kegiatan kita sehari-sehari. Walaupun lutut sakit, jangan ragu untuk menggerakannya terlebih untuk melakukan kegiatan olahraga .

Pasalnya, gerakan olahraga yang tepat bisa membantu mengatasi nyeri lutut  dan membuat ototnya lebih kuat serta lentur. Meski begitu, tidak semua gerakan olahraga boleh dilakukan saat lutut sakit. Berikut ini sudah dirangkum 5 gerakan olahraga yang bisa membantu mengatasi nyeri lutut seperti dirangkum dari Hello Sehat.

1.    Step Up

Foto: Olahraga Untuk Nyeri Lutut (Herworld Indonesia)

Gerakan pertama yang bisa kamu lakukan adalah step up atau naik turunkan kaki. Ini mungkin terlihat sepele. Tapi jangan salah, gerakan ini bisa membuat otot di sekitar lutut kamu semakin kuat dan fleksibel. Cara melakukannya, tempatkan satu kaki di atas bidang yang lebih tinggi. Kalau kamu tidak punya alat olahraga khusus, kamu bisa pakai bangku yang kokoh. Namun disarankan untuk memakai bangku yang paling pendek dulu.

Kemudian, saat mengangkat kaki, jaga panggul tetap lurus. Setelahnya, tekuk lutut pelan-pelan dan turunkan kaki juga perlahan. Lakukan gerakan ini setidaknya 10-15 kali/ Kalau dirasa terlalu mudah, kamu bisa menggunakan kursi atau bidang yang lebih tinggi lagi. Semakin tinggi bidangnya, maka kerja otot kamu juga semakin berat.

2.    Calf Raises



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"