5 Gerakan Olahraga Untuk Atasi Sembelit, Bantu Memperlancar BAB Yang Cepat dan Mudah Tanpa Obat

5 Gerakan Olahraga Untuk Atasi Sembelit, Bantu Memperlancar BAB Yang Cepat dan Mudah Tanpa Obat

Beberapa dari kamu mungkin pernah mengalami sembelit  atau yang juga disebut konstipasi . Kondisi saat kesulitan buang air besar (BAB) ini biasanya menimbulkan rasa yang tidak nyaman di perut dan akhirnya mengganggu aktivitas harian kamu. Ternyata ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi yakni dengan olahraga.

Dikutip dari Hello Sehat, olahraga khususnya senam bisa mempercepat pergerakan makanan di dalam usus besar. Jika makanan cepat lewat di usus besar maka akan lebih sedikit jumlah air yang terserap dari feses ke dalam tubuh. Jika banyak air yang terserap, maka akan membuat tekstur yang keras dan kering sehingga susah melewati usus. Lantas apa saja olahraga untuk mengatasi sembelit? Scroll yuk!

1. Jalan Kaki

Olahraga Untuk Sembelit (KlikDokter)

Melakukan jalan kaki ringan minimal 30 menit per hari disarankan untuk membantu memperlancar BAB. Melakukan aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki akan membuat pernapasan dan detak jantung semakin naik. Tidak hanya itu, otot dan saraf yang ada di tubuh juga mendapatkan stimulasi. Kedua hal ini akan memacu tubuh berfungsi secara lebih efisien. Sehingga, masalah-masalah seperti pencernaan tidak lancar akan mereda.

2. Angkat Kaki ke Tembok



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"