5 Formasi dalam Sepak Bola Paling Populer, Mana Favoritmu?

5 Formasi dalam Sepak Bola Paling Populer, Mana Favoritmu?

Dalam sepak bola untuk memenangkan pertandingan, sebuah tim akan mengatur formasi. Formasi dalam sepak bola itu mengatur posisi para pemain selama 90 menit pertandingan, mulai dari pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan. Setiap pemain memiliki tugas selama pertandingan.

Biasanya formasi sebuah tim ditentukan oleh pelatih. Hampir setiap pelatih akan konsisten menggunakan formasi setiap tim asuhannya melakukan pertandingan di lapangan hijau. Lalu formasi sepak bola apa saja yang terkenal dan selalu dipakai pelatih tim sepak bola? Yuk disimak.

Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2 merupakan formasi klasik dalam sepak bola. Formasi ini memiliki kelebihan dimana pemain belakang dan pemain tengah memiliki keseimbangan karena masing-masing ada 4 posisi. Untuk penyerangan juga akan mengedepankan 2 orang striker atau penyerang yang bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan, 

Formasi dalam Sepak Bola (Kumparan)

Formasi 4-3-3

Formasi dalam sepak bola ini dianggap sebagai formasi yang menyerang. Karena di posisi pemain depan ada 3 pemain yang siap mengobrak-abrik pertahanan lawan. Biasanya 3 pemain depan itu adalah satu penyerang tengah dan sisanya penyerang sayap kanan dan kiri. 

Untuk pemain penyerang sayap kanan dan kiri dituntut memiliki kecepatan dalam menggiring bola karena bisa jadi pengumpan untuk penyerang tengah. Formasi 4-3-3 saat ini banyak digunakan oleh klub-klub di liga Eropa bahkan di Indonesia.

Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2 juga menjadi formasi yang cukup klasik sama dengan formasi 4-4-2. Formasi ini memperkuat lini tengah karena ada 5 pemain di dalamnya. Sementara di posisi belakang ada 3 pemain belakang yang siap untuk mengamankan pertahanan bersama penjaga gawang.

Dalam formasi 3-5-2 ini pemain tengah ada dua orang yang menjadi sayap kanan dan sayap kiri. Pemain ini bisa maju membantu penyerangan tapi diminta untuk cepat membantu pertahanan bila tim lawan menyerang. Formasi 3-5-2 pun populer di tahun 1990-an.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"