5 Akademi Sepak Bola Terbaik, Nomor 1 Tempatnya Lionel Messi

5 Akademi Sepak Bola Terbaik, Nomor 1 Tempatnya Lionel Messi

Akademi sepak bola berbeda dengan sekolah sepak bola (SSB). Akademi sepak bola sama dengan lembaga pendidikan yang mengajarkan banyak hal tentang sepak bola, dari praktik dan teori. Biasanya anak-anak saat masih kecil sudah dimasukkan orangtuanya ke akademi sepak bola agar kelak jadi pemain berkelas.

Tak dipungkiri 5 akademi sepak bola terbaik di dunia ada di Eropa. Praktis orang-orang yang tinggal di Asia, Amerika, bahkan Afrika banyak yang terbang ke Eropa demi bisa belajar sepak bola. Berikut 5 akademi sepak bola terbaik di dunia. Dari akademi sepak bola itu berhasil mencetak pemain top dunia loh.

Barcelona

Akademi sepak bola La Masia adalah milik Barcelona. La Masia memiliki sejarah panjang karena mampu mencetak bibit-bibit unggul pesepak bola dunia. Sebut saja nama-nama seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Sergio Busquets dan banyak pemain eks Barcelona yang pernah belajar di La Masia.

Sekelas Messi yang lahir di Argentina memutuskan untuk hijrah ke Spanyol bersama ayahnya agar bisa jadi pemain sepak bola. Lulusan La Masia biasanya jadi pemain Barcelona B atau jenjang junior klub asal Catalunya tersebut. 

Akademi Sepak Bola (Republika)

Ajax Amsterdam

Akademi sepak bola ini ada di Belanda. Sejak tahun 70-an, klub Ajax Amsterdam juga berhasil mencetak pemain hebat dunia, jauh sebelum La Masia dengan Barcelonanya. Mayoritas lulusan akademi Ajax Amsterdam adalah pemain asal Belanda. 

Nama-nama lulusan akademi ini adalah Johan Cruyff, Matthijs De Light, Marco Van Basten, Dennis Bergkamp, Edwin Van der Sar, Edgar Davids, dan masih banyak lagi. Bahkan pemain timnas Indonesia Ivar Jenner sempat menimba ilmu di akademi tersebut.

Manchester United

Di Inggris ada klub Manchester United (MU) yang memiliki akademi sepak bola terbaik di tanah Britania. Akademi ini mampu mencetak pemain top di tahun 1990-an yang berhasil membawa MU merebut treble winners. Pemain seperti David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, hingga Gary dan Phil Neville adalah jebolan akademi ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"