Sekolah Sepak Bola Indonesia yang Lulusannya Jadi Pemain Timnas, Ini Daftarnya

Sekolah Sepak Bola Indonesia yang Lulusannya Jadi Pemain Timnas, Ini Daftarnya

Sudah lama sekolah sepak bola atau SSB menjamur di Indonesia. Banyak orangtua yang rela memasukan anaknya ke Sekolah sepak bola Indonesia tersebut agar impian menjadi pemain sepak bola di Indonesia bisa tercapai. Alhasil beberapa SSB itu pun berhasil mencetak lulusan-lulusan berkualitas yang jadi pemain timnas Indonesia.

Untuk latihan di SSB tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti uang sekolah, biaya perlengkapan latihan, hingga pengorbanan waktu yang dilakukan anak-anak saat ikut latihan di SBB, karena dilakukan setelah selesai belajar di sekolah atau ketika akhir pekan. Berikut ini ada beberapa SSB yang memiliki kualitas karena alumninya jadi pemain timnas merah putih.

Makassar Football School 2000

Makassar Football School 2000 menjadi SSB di Sulawesi Selatan yang cukup diperhitungkan. SSB ini mendapatkan perhatian besar dari pemerintah kota Makassar. Diharapkan banyak bibit-bibit muda Makassar dan sekitarnya yang bisa latihan di SSB ini dan tumbuh jadi pemain sepak bola hebat di kemudian hari.

Sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari warga Makassar. Apalagi di Makassar ada klub PSM Makassar. Beberapa mantan pemain dan pemain PSM Makassar pun ada yang sempat menimba ilmu di Makassar Football School 2000 itu. Karier mereka berlanjut dari klub menuju timnas Indonesia.

Pemain-pemain itu antara lain Hamka Hamzah, Zulkifli Syukur, Syamsul Chaerudin, dan Rasyid Bakri. Sepanjang berdirinya SSB tersebut, pernah mendapatkan prestasi dengan menjadi semifinalis Danone Nations Cup U-12 pada tahun 2006 lalu. 

Sekolah Sepak Bola Indonesia (Olahraganesia)

Mitra Surabaya

Mitra Surabaya di Subaya, Jawa Timur dulunya adalah sebuah klub di kompetisi Liga Indonesia. Namun klub itu bubar dan kini beralih menjadi SSB. Sekolah sepak bola Indonesia ini juga cukup sukses melahirkan nama-nama pemain sepak bola yang berkiprah dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional atau PON membela tim provinsi Jawa Timur. 

Meski lulusan SSB Mitra Surabaya lebih banyak yang jadi pemain lokal di Jawa Timur, tetapi ada satu-satunya alumni Mitra Surabaya yang jadi pemain timnas Indonesia yakni Evan Dimas Darmono. Evan adalah pemain yang membawa timnas U-19 Indonesia menjadi juara dalam ajang AFF U-19 tahun 2013 silam.

Kemudian Evan terpilih masuk timnas senior dan bermain di beberapa klub top Indonesia, seperti Bhayangkara FC, Persija, Arema FC, dan sempat melebarkan sayapnya dengan bermain di kompetisi Liga Malaysia dengan memperkuat klub Selangor FC.

Tulehu Putra

Di Timur Indonesia ada SSB Tulehu Putra yang ada di Maluku. Tanah Maluku memang mendapatkan karunia untuk memiliki talenta-talenta muda yang bermain di klub dan timnas Indonesia. Beberapa jebolan SSB Tulehu Putra antara lain Hendra Adi Bayauw, Fandi Ahmad Lestaluhu, Alfin Tuassalamony, dan Rizky Ahmad Sanjaya. Bisa jadi di masa yang akan datang, Tulehu Putra akan kembali mencetak pemain-pemain top Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"