Heboh! Lagu Penutupan SEA Games 2023 Dianggap Plagiat Lagu Via Vallen, Musiknya Sangat Mirip

Heboh! Lagu Penutupan SEA Games 2023 Dianggap Plagiat Lagu Via Vallen, Musiknya Sangat Mirip

Pesta olahraga se-Asia Tenggara yakni SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja sudah resmi ditutup pada Rabu, 17 Mei lalu. Namun di momen itu, netizen dibuat salah fokus dan menduga lagu penutupan SEA Games 2023 menjiplak lagu Indonesia yang dinyanyikan Via Vallen.

Ini bermula saat publik menikmati rangkaian upacara penutupan pesta olahraga Asia Tenggara ke-32 yang digelar di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh pada Rabu, 17 Mei 2023. Acara dibuka dengan permainan tata cahaya yang sangat menarik dan meriah. 

Upacara penutupan juga dihelat dengan aransemen lagu dan musik yang memukau. Di tengah acara, muncul beberapa penyanyi pria dan wanita yang membawakan nyanyian berjudul 'See You Again. Lagu dengan ketukan energi itu pun langsung mencuri perhatian publik di Tanah Air.

Lagu Penutupan SEA Games Mirip Lagu Meraih Bintang (Twitter)

Sebab, lagu penutupan tersebut terdengar mirip dengan lagu Meraih Bintang yakni lagu resmi Asian Games 2018 yang dinyanyikan oleh Via Vallen. Sebenarnya, tidak seluruh lagu menyerupai karyaParlin Burman Siburian alias Pay Burman dan Rustam Rastamanie itu.

Akan tetapi, ada bagian-bagian yang cukup akrab dan mengingatkan dengan lagu yang sempat populer lima tahun lalu tersebut. Sontak saja, banyak netizen Indonesia yang menganggap jika musisi Kamboja  plagiat lagu Meraih Bintang.

"Ini sih memang jiplak, cuma di translate bahasa camboja aja," komentar netizen. "Sama persis ini mah, hanya aransemenya yang di kamboja dipercepat," sahut netizen. "Pelanggaran Hak cipta ini.. copyright.. kecuali sudah izin sama yg punya lagu," timpal netizen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"