Diduga Rasis Ke J-Hope BTS Dengan Kata-kata Ini, Penyiar Spanyol Ramai Dihujat

Diduga Rasis Ke J-Hope BTS Dengan Kata-kata Ini, Penyiar Spanyol Ramai Dihujat

Kehadiran J-Hope BTS di Paris Fashion Week 2023 sukses mencuri perhatian pecinta mode dunia. Penampilan rapper bernama asli Jung Hoseok ini dalam sejumlah acara brand mewah seperti Louis Vuitton, Hermes hingga Dior Men Fall-Winter 2023 menuai pujian. 

Namun sayangnya, di mata komedian sekaligus penyiar asal Spanyol bernama Pablo Motos tampaknya tidak demikian. Pasalnya, Pablo justru terdengar seperti memberikan komentar rasis atas penampilan J-Hope BTS di acara fashion bergengsi tersebut.

Peristiwa ini bermula saat Pablo Motos bersama dua host lain mendiskusikan penampilan para selebriti dunia dalam acara Spanyol berjudul El Hormiguero. Tampak dalam video yang beredar di Twitter, para host menilai tiga potret artis yang ditayangkan di layar.

Adapun foto J-Hope BTS berada di sisi paling kiri. Mengenakan kacamata hitam, idol kelahiran 18 Februari 1994 itu memadukannya dengan atasan berwarna abu-abu dan celana panjang yang ditambah aksen seperti rok dengan warna yang sama dengan atasannya.

Potret J-Hope BTS Di Acara Dior Paris Fashion Week 2023 (Berbagai Sumber)

Setelah melihat J-Hope BTS, Pablo Motos segera memberikan komentar dalam bahasa Spanyol dengan kata, 'Friki Japones', yang jika diterjemahkan secara langsung memiliki arti 'orang aneh Jepang'. Tapi selain itu, kata tersebut punya banyak arti berbeda yang bisa diterjemahkan.

Salah satunya bisa disebut dengan 'geek', yang juga memiliki konotasi negatif. Ada pula yang mengartikan sebagai 'Orang Jepang gila'. Tak hanya menyebut J-Hope sebagai orang yang tidak waras, tapi Pablo juga seakan menyamaratakan seluruh orang Asia sebagai 'Orang Jepang'.

Sementara itu, ada beberapa orang yang menilai bahwa Pablos Motos sebenarnya mengatakan 'Flipy japones', sebagai lawan dari 'friki japones', yang merujuk pada mantan kolaborator di acara itu bernama Enrique Perez, lebih dikenal sebagai Flipy.

Walau demikian, tidak diketahui pasti apa sebenarnya maksud dari pernyataan Pablo Motos tersebut. Namun cuplikan pernyataan Pablo ini viral setelah ramai dibagikan ulang di media sosial. Sontak saja, video itu pun langsung menyulut kemarahan para ARMY (sebutan fans BTS).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"