Ternyata Rajin Olahraga Bisa Bikin Sistem Pencernaan Lebih Sehat, Sudah Tahu?

Ternyata Rajin Olahraga Bisa Bikin Sistem Pencernaan Lebih Sehat, Sudah Tahu?

Gak banyak yang tahu, olahraga ternyata berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Saat kamu berolahraga, tubuh tidak menggunakan energinya untuk pencernaan. Sebaliknya, olahraga dapat memperlambat pencernaan yang sedang berlangsung sehingga dapat mengalihkan darah sebanyak mungkin untuk memberi makan otot dan paru-parumu.

Jika kamu baru makan sebelum berolahraga, kamu bisa mengalami masalah pencernaan. Tergantung pada jenis makanan yang kamu makan dan intensitas program olahragamu. Olahraga yang cukup intens setelah makan cukup banyak bisa membuatmu sakit perut, atau bahkan muntah. 

Misalnya, mengonsumsi makanan kompleks yang tinggi serat, protein, atau lemak sebelum latihan intensitas tinggi bukanlah ide yang baik dan mungkin tidak akan berakhir dengan baik. Jadi jika kamu perlu mengingat bahwa waktu olahraga tidak boleh bersamaan dengan waktu pencernaan.

Hubungan olahraga dan sistem penceranaan (instagram.com)

Manfaat Olah Raga Bagi Pencernaan

Pola olah raga yang teratur, disertai dengan pola pikir yang positif dan pola makan yang sehat dan tinggi serat, adalah landasan gaya hidup sehat. Olahraga bahkan dapat membantu mengatasi sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"