Susah Fokus? Gini Cara Menjaga Otak dari Kelelahan

Susah Fokus? Gini Cara Menjaga Otak dari Kelelahan

Habis bekerja atau kegiatan seharaian badan rasanya pasti capek. Bisa pegel-pegel, kaki kram, sampek gak mau ngapa-ngapain lagi. Bahkan udah gak bisa fokus lagi buat mikir.

Apakah otak benar-benar bisa merasakan lelah kayak otot badan? Hingga rasanya susah banget buat mikir dan fokus mengerjakan sesuatu? 

Otak secara teknis adalah organ, bukan otot. Memang ada sedikit jaringan otot, tapi sebagian besar bagian otak adalah lemak. Tapi meski bukan otot otak tetep aja butuh energi untuk bekerja. Kayak CPU kalau gak dicolokin listrik yang gak bisa dipake kerja.

Otak juga bisa lelah (technologyreview.com)

Di otak, sel-sel listrik yang disebut neuron mengirimkan pesan melalui bahan kimia.

"Otak menggunakan glukosa sebagai sumber energi utama,"  kata Gary Figiel, M.D., seorang psikolog.

Dikutip dari Howstuffworks.com, ketika otak bekerja keras, ia menggunakan banyak glukosa. Kadar glukosa yang turun di dalam tubuh bikin produksi dopamin terhambat. Padahal fungsi dopamin ini buat bikin kita bahagia dan termotivasi.

Ketika kadar dopamin turun, kamu jadi sobat rebahan dan gak minat buat melakukan pekerjaan berat. Gak bisa fokus juga kalau disuruh mikir.

Otak yang lelah mempengaruhi tubuh (pinerest.org)

Jadi, otak bisa lelah kalau terlalu banyak disuruh mikir. Jadi gak usah banyak mikir gengs. Wkwkwk

Otak akan membutuhkan lebih banyak energi untuk memproses informasi baru. Banyaknya informasi yang masuk ke otak setiap hari bisa bikin otak kelelahan. Beda kalau melakukan hal yang sama terus-menerus. Energi yang digunakan lebih sedikit.

Misalnya, energi untuk menemukan rute baru ketika berangkat kerja lebih banyak ketika kamu lewat jalan yang sama berkali-kali.

Kelelahan otak ini bisa bikin kamu mudah stress loh. Gini caranya menghindari atau meminimalisir kelelahan otak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"