Sesak Napas Setelah Olahraga? Mungkin Ini Penyebabnya

Sesak Napas Setelah Olahraga? Mungkin Ini Penyebabnya

Kamu pernah sesak napas setelah olahraga? Kira-kira kenapa, ya? Mengetahui penyebab sesak napas setelah olahraga sangatlah penting, Gengs. Pasalnya, sesak napas sesudah olahraga terjadi bukan karena intensitas aktivitas fisik aja, lho.

Gangguan pernapasan ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Beberapa contohnya seperti masalah kesehatan, efek samping obat-obatan, konsumsi kafein berlebih, stres, dan juga penuaan.

Bagaimana deretan faktor tersebut memengaruhi kondisi pernapasan setelah berolahraga? Simak penjelasan medis melalui uraian berikut:

1. Asma Akibat Olahraga

Sesak napas, batuk, nyeri dada, dan mengi merupakan gejala umum penyakit asma. Kondisi meradang dan menyempitnya saluran napas ini juga dapat terjadi akibat olahraga.

Dilansir dari Live Strong, Senin (20/9/2021) latihan aerobik disebut-sebut cenderung lebih dapat memicu gejala asma akibat olahraga. Hal ini dibandingkan dengan latihan kekuatan. Meski begitu, gejala asma akibat olahraga hanya berlangsung selama menjalani aktivitas fisik tersebut, kok. Jadi, tetap tenang ya. 

Kondisi ini juga dapat diperburuk oleh sejumlah faktor, seperti udara dingin atau kering, menghirup serbuk sari dalam jumlah banyak, infeksi pernapasan, terpapar bahan kimia, dan polusi udara.

2. Efek Samping Obat-Obatan

Sesak napas sesudah olahraga dapat terjadi karena efek samping obat-obatan. Jenis obat yang dapat menyebabkan efek samping berupa sesak napas antara lain obat untuk premenstruasi dan penyakit jantung khususnya yang membantu tubuh mempertahankan kalium.

Sesak napas juga dapat timbul akibat efek samping penggunaan obat interferon yang diresepkan dokter untuk pasien kanker maupun hepatitis.

Ilustrasi Sesak Napas (KlikDokter)

3. Stres Berlebih

Stres berlebih dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental. Secara berkala, kondisi ini tidak hanya memicu kecemasan, tetapi juga menimbulkan gejala fisik berupa sakit kepala, jantung berdetak cepat, hingga gangguan pernapasan.

Latihan intens dalam kondisi stres dapat menyebabkan sesak napas sesudah olahraga. Menurut hal ini terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak hormon kortisol atau hormon stres.

"Hormon ini yang kemudian memicu gangguan pernapasan," jelas dr. Dyah Novita dari Live Strong.

4. Konsumsi Kafein Berlebih

Sesak napas sesudah berolahraga juga dapat terjadi akibat konsumsi kafein berlebih. Mengutip laman Cleveland Clinic, Amerika Serikat, rekomendasi konsumsi kafein maksimal berkisar 400 mg per hari. 

Mengonsumsi kafein melebihi kadar tersebut dapat menambah risiko peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Gangguan irama jantung disebut takikardia. Kondisi ini juga menyebabkan gejala berupa sesak napas, nyeri dada. 

Selain overdosis kafein, merokok dan kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko gangguan pernapasan setelah berolahraga. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"