Sebenarnya ngaruh nggak sih, menghitung domba untuk mengatasi insomnia? Kalian pernah melakukan ini gengs?

Kalian pernah denger ide menghitung domba sebelum tidur? Kalo pernah, katanya sih tujuannya biar kita bisa langsung tidur. Konon, cara ini tergolong efektif, apalagi buat kita-kita yang sering kesulitan tidur di malam hari.

Sebenarnya, menghitung domba merupakan ajaran kuno yang banyak beredar di film-film kartun. Tapi entah kenapa banyak orang tuh yang mempercayai hal ini.

Coba, hitung nih ada berapa domba di situ? (shutterstock.com)

Terlepas dari mitos atau fakta, pernah nggak kalian berpikir ... kenapa harus domba yang dihitung? Kenapa nggak binatang lain gitu?

Ada banyak pendapat tentang hal ini. Seperti dilansir Mental Floss, gagasan menghitung domba ini terkait dengan kebiasaan gembala-gembala di Inggris pada abad pertengahan silam. Pada zaman itu, para gembala menggunakan tanah milik umum untuk menggembala domba-dombanya.

Jadi sebenarnya, ini kisah yang udah lama ada gengs (dailyasianage.com)

Saat mereka akan mengandangkan domba-dombanya setiap malam, para gembala akan menghitungnya dulu. Nah, kegiatan menghitung domba ini dilakukan sebelum tidur. Malah kadang sampe gembalanya ngantuk-ngantuk tuh.

Makin jauh, cara para gembala ini menghitung domba dianggap sebagai cara agar terbuai ke dalam mimpi. Mental Floss pun mencatat bahwa setidaknya ada satu buku yang membicarakan hubungan antara domba dan tidur dari masa yang lebih awal.

Sebuah buku dongeng dari abad ke-12 berjudul "Disciplina Clericalis" menunjukkan bahwa menghitung domba adalah kebiasaan dalam budaya Islam selama berabad-abad. Lalu, apakah menghitung domba bener-bener bisa mengatasi insomnia?

Coba hitung deh, Mr. Bean sih berhasil tuh (gfycat.com)

Hilary Thompson, seorang konsultan kesehatan untuk kesulitan tidur mengatakan sebelum mulai menghitung domba, sebaiknya kita mencoba cara lain yang lebih manjur.

"Agar bisa tertidur, otak sebaiknya dikondisikan agar santai, lalu lakukan hal yang berulang secara teratur, seperti benapas, agar pikiran melambat dan menjauhkan pikiran stres agar kita bisa tertidur," kata Thompson seperti dikutip dari Kompas.com.

Nah, ngitungin domba tidak termasuk dalam cara agar kita bisa segera tidur. Soalnya, ngitungin domba malah bikin otak kita jadi waspada terhadap jumlah domba yang sudah dihitung. Iya juga sih ....

Tapi ngitungin domba tuh malah bikin otak jadi aktif mikir (sane.org)

Periset dari Oxford University, Inggris, menguji hal ini dan menemukan bahwa orang yang membayangkan air terjun dan aliran sungai malah bisa tidur lebih cepat ketimbang yang ngitungin domba. 

Air terjun dan sungai yang dibayangkan seseorang sebelum tidur bikin rileks. Lagian air kan nggak bisa dihitung juga tuh hehehe.

Di lain pihak, Dr. Elizabeth Trattner, seorang dokter ahli pengobatan China mengatakan bahwa dia lebih menyarankan pasien teknik bernapas untuk mengatasi insomnia.

Ini baru satu domba, capek nggak sih ngitung lainnya? (modernfarmer.com)

"Tarik napas melalui hidung dalam 4 hitungan, tahan selama 7 hitungan, lalu hembuskan selama 8 hitungan. Teknik pernapasan ini bisa mengatur ulang tubuh, dan menurunkan stres serta kecemasan," kata Trattner.

Pokoknya, ngitungin domba sebelum tidur sebenernya malah bikin kita susah tidur juga gengs. Kecuali kayak Mr. Bean tuh, ngitungin dombanya pake kalkulator. Wkwkwk.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations