Retinol Bisa Hilangkan Bekas Jerawat? Begini Kata Pakar

Retinol Bisa Hilangkan Bekas Jerawat? Begini Kata Pakar

Retinol dikenal sebagai paha perawatan kulit yang bisa menghambat penuaan. Namun, apakah benar retinol juga ampuh hilangkan bekas jerawat hitam?

Retinol merupakan bentuk vitamin A yang termasuk golongan obat digunakan untuk mengatasi kondisi kulit berjrawat atau psoriasis. Retinol juga ampuh memudarkan bekas jerawat.

Namun tidak semua orang bisa cocok dengan kandungan ini. Beberapa ada yang mengalami iritasi, apalagi jika memakai kandungan retinoid yang tinggi. Lalu, ada juga beberapa tipe kulit yang sebaiknya menghindari penggunaan retinoid, seperti eksim, alergi kulit dan kulit yang kering.

Menurut pakar, retinolmemang bisa mengurangi bekas jerawat karena bisa mendorong pertumbuhan sel yang baru pada kulit.

Ilustrasi orang berjerawat (via freepik)

Namun, biasanya diperlukan waktu setidaknya beberapa bulan bagi retinol untuk memudarkan bekas jerawat, dan bahkan retinol dengan resep dokter mungkin tidak memberikan hasil yang kamu inginkan.

"Bekas jerawat dapat merujuk pada perubahan tekstur pada kulit seperti lekukan dan tekstur kulit yang tidak merata. Jika yang pertama, maka kita sering mengobatinya dengan produk seperti retinol yang dapat membantu meratakan warna kulit dan mengobati jerawat. Jika yang terjadi lebih merupakan perubahan tekstur, retinol juga dapat membantu, tetapi biasanya perawatan pelapisan ulang juga diperlukan," kata Dr. Nada Elbuluk, Associate Professor of Clinical Dermatology di USC, Keck School of Medicine.

Jadi kesimpulannya, kamu bisa mencoba kandungan retinol di dalam rutinitas perawatan kulit untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Tetapi apabila kondisi jerawat sedang parah, sebaknya kamu perlu penanganan dari pihak profesional.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"