Mengatakan Hal Baik Pada Diri Sendiri Bisa Jadi Sulit Buat Kamu, Begini Tips Sederhana dari Terapis

Mengatakan Hal Baik Pada Diri Sendiri Bisa Jadi Sulit Buat Kamu, Begini Tips Sederhana dari Terapis

Ketika gak ada yang bisa diajak ngomong atau kamu gak percaya samasiapapun untuk cerita,diri sendiri adalah teman yang terbaik. Tapi mungkin kamu masih ragu gimana caranya bicara sama diri sendiri. Self talk bisa dilakukan siapa aja dan kapan aja.

Menyingkirkan pembicaraan diri yang negatif dan mengubah cara kamu memandang diri sendiri. Tapi kadang gak mudah melakukan self talk. Bisa jadi karena kamu malu, gak yakin dan gak tahu mau ngomong apa.

Self talk (metroparent.com)

Terapis Kati Morton, LMFT, mengatakan kalau pembicaraan mandiri yang positif adalah "suara yang lebih mendukung dan penuh kasih."

Morton melanjutkan, "Saya pikir untuk banyak orang, berbicara positif kepada diri sendiri itu sulit. Jika saya sudah berpikir dan berbicara kepada diri sendiri, mengatakan bahwa saya malas dan bodoh selama bertahun-tahun, maka saya tidak dapat tiba-tiba saja hanya memutuskan untuk berpikir saya produktif dan super pintar karena saya tidak akan percaya bahwa perubahan drastis. Saya bisa mengatakannya, tapi saya tidak percaya itu."

Pada dasarnya, alih-alih mengatakan hal-hal seperti "Aku luar biasa," "Aku produktif," atau "Orang-orang mencintaiku," Morton mencatat bahwa kita dapat mengatakan, "Mungkin saja aku tidak malas atau sebodoh yang kupikirkan" dan "Aku terbuka pada pemikiran bahwa aku mungkin salah tentang itu."



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"