Makan Setelah Olahraga, Memangnya Boleh? Begini Aturannya

Makan Setelah Olahraga, Memangnya Boleh? Begini Aturannya

Makan setelah olahraga kadang menjadi membingungkan. Banyak yang bilang kalo makan setelah olahraga hanya akan menimbulkan kesia-siaan. Tapi sebenarnya boleh atau nggak sih makan setelah olahraga? Berikut aturannya.

Makan setelah olahraga masih menjadi hal yang membuat sebagian orang bingung. Merasa lapar usai olahraga adalah hal yang amat wajar. Nah, hal inilah yang kerap menjadi dilema, sampai-sampai menahan lapar untuk menghindari keinginan perut.

Merasa lapar adalah hal yang alamiah dan dialami oleh semua orang, bahkan hewan sekalipun. Apalagi setelah melakukan aktivitas berat dan olah raga. Apapun jenis olahraga yang kamu lakukan, pasti akan menghabiskan energi. 

Sebenarnya tak apa-apa kalo makan setelah olahraga, karena tubuh harus tetap mendapat asupan makan. Eitss, tapi tunggu dulu. Ada beberapa aturan untuk makan setelah olahraga yang harus kamu tau:

1. Makanlah 30-60 menit setelah olahraga

1. Makanlah 30-60 menit setelah olahraga Setelah olahraga merasa lapar (hellosehat.com)

Kalo kamu melakukan latihan fisik berat, kamu bisa makan-makanan pemulih secepatnya. Karena olahraga memberi tekanan sendi, otot, dan tulang. Selain itu,  selama latihan, tubuhmu akan memakai nutrisi saat latihan. 

Jadi, makan setelah olahraga memang diperlukan untuk mengembalikan apa yang hilang dari tubuh.

2. Bersikaplah sewajar mungkin

2. Bersikaplah sewajar mungkin Bersikap wajar setelah olahraga (lifestyle.kompas.com)

Nutrisi yang kamu makan adalah dasar dari fungsi, struktur dan sesatuan sel-sel. Tubuh akan selalu memperbaiki, menyembuhkan serta membentuk lagi dengan sendirinya.

Seberapa sel-selmu sehat, akan ditentukan oleh apa yang kamu makan. Maka bersikaplah wajar dengan makanan. Atur makanan yang bergizi untuk memulihkan nutrisi yang hilang usai olahraga.

3. Tidak hanya berpikir tentang protein saja

Memang, protein adalah pembentuk otot, karenanyalah sangat penting dikonsumsi setelah olahraga. 

Namun, makanan pemulih yang baik dan ideal juga harus mengandung lemak baik dan berbagai nutrisi yang sehat. So, harus selalu seimbang yaa geng ....

4. Jangan lupa minum-minuman olahraga

Bukan hanya makan saja yang dipikirkan, kamu juga harus sedia minum saat berolahraga. Saat berolahraga, kamu pasti akan berkeringat banyak, maka kamu perlu banget untuk mengonsumsi minuman olahraga.

Minuman olahraga telah dirancang guna membuatmu tetap terhidrasi dengan baik. Tak hanya itu, minuman ini juga mengandung elektrolit yang menggantikan cairan yang hilang.

Namun, kalo latihanmu tak terlalu berat dan tak mengeluarkan keringat terlalu banyak. Kamu bisa meminum air biasa saja.

Untuk aturan minum, minumlah dua cangkir cairan 2 jam sebelum berlatih, 2 cangkir 15 menit sebelum latihan dan setengah cangkir tiap 15 menit selama latihan berlangsung.

Demikianlah beberapa aturan makan setelah olahraga yang bisa kamu terapkan saat berolahraga. Jadi, tak perlu bingung lagi untuk makan atau tak makan setelah olahraga.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"