Kurangi Stres dan Bisa Bikin Bahagia, Inilah 5 Manfaat Minum Kopi Secara Rutin

Kurangi Stres dan Bisa Bikin Bahagia, Inilah 5 Manfaat Minum Kopi Secara Rutin

Apakah kamu suka merasa jadi lebih "hidup", lebih fokus, dan good mood setelah minum kopi? Ternyata hal itu bukan sekadar sugesti belaka, lho gengs. 

Perubahan mood dan energi yang kamu alami disebabkan karena beberapa kandungan zat pada kopi memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh atau pikiran, jika dikonsumsi secara rutin dan jumlah yang pas.

Jadi, tidak salah rasanya kalau kamu minum kopi setiap hari untuk meningkatkan mood agar merasa lebih bahagia, fokus, dan mengurangi stres. Selain itu, apalagi manfaat kopi bagi tubuh dan pikiranmu? Simak ulasan berikut, yuk! 

1. Minum kopi di pagi hari bisa meningkatkan fungsi otak

Banyak orang yang merasa wajib minum kopi sebelum memulai aktivitas sehari-hari, khususnya sebelum bekerja. Tidak salah memang, karena minum kopi di pagi hari bisa meningkatkan fungsi otak. 

Kandungan kafein pada kopi mampu merangsang produksi sejumlah hormon seperti dopamine, serotonin, dan noradrenalin. Kemudian kafein tersebut akan terserap ke aliran darah menuju otak. 

Proses ini menimbulkan efek efek yang dapat meningkatkan fungsi otak. Mulai dari jadi lebih fokus, lebih responsif, lebih waspada, berpikir lebih jernih hingga jadi lebih waspada. Jadi tidak salah jika kamu perlu minum kopi dahulu agar tidak mengantuk dan lebih fokus dalam bekerja. 

5 Manfaat Minum Kopi Secara Rutin (KlikDokter)

2. Meningkatkan kinerja fisik

Tak hanya meningkatkan kinerja otak, minum kopi di pagi hari juga bisa meningkatkan kinerja fisik hingga 12 persen. Efek ini juga ditimbulkan oleh kandungan kafein pada kopi yang mampu meningkatkan hormon adrenalin dalam darah. 

Meningkatnya adrenalin ini membuat tubuh jadi lebih siap dan kuat untuk melakukan aktivitas fisik, bahkan yang cukup berat sekali pun. Hal ini dikarenakan kafein pada kopi mampu memecah lemak sehingga memicu metabolisme lemak dalam tubuh. Akibatnya, tubuh jadi punya bahan bakar ekstra. 

Jadi, kalau kamu akan melakukan aktivitas fisik yang berat atau olahraga, kamu bisa coba minum kopi hitam sekitar setengah jam sebelumnya untuk membantu meningkatkan stamina. 

3. Mengurangi kadar stres 

Dengan mencium aroma dari kopi saja sudah bisa mengurangi kadar stres kamu, lho gengs. Yup, menurut penelitian di Swiss, orang-orang yang jarang minum kopi punya risiko mengalami stres lebih tinggi dibanding yang rutin minum kopi. 

Hal ini dikarenakan aroma kopi memberikan sensasi yang terasa nyaman dan menenangkan. Hal ini kemudian mampu meningkatkan aktivitas gen sebagai pelindung saraf sehingga mengurangi stres. 

4. Mengurangi risiko terkena depresi

Lebih lanjut, menurut sebuah penelitian di Harvard School of Public Health, minum empat cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko terkena depresi hingga 20 persen lebih rendah. Penelitian ini juga menemukan hasil bahwa orang yang rutin minum kopi cenderung tidak punya keinginan untuk melakukan bunuh diri. 

Berdasarkan penelitian tersebut, hal ini bisa terjadi karena kopi kaya akan zat antioksidan serta kafein yang memiliki kemampuan merangsang sistem saraf pusat untuk menekan depresi dan meningkatkan mood sepanjang hari. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"