Nggak cuma punya rasa dan aroma yang khas, manfaat kayu manis dan madu buat kesehatan sangat kaya lho.

Kamu pasti udah nggak asing lagi dong sama kayu manis dan madu. Keduanya banyak banget ditemukan dalam makanan dan minuman. Kalau madu bisa menambah rasa manis yang unik, kayu manis biasanya ditambahkan demi menambah aroma yang khas. 

Selain digunakan untuk pelengkap, kayu manis dan madu juga bisa dikonsumsi langsung lho dan ada banyak manfaat kayu manis dan madu untuk kesehatan kita.

Kayu manis (mapleholistics.com)

Kayu manis bisa mengontrol gula darah

Kalau kamu rutin mengonsumsi kayu manis, dampaknya bagus lho buat mengontrol gula darah. Kamu bisa memasukkan satu batang kayu manis ke dalam minuman hangat, misalnya teh. Kayu manis dipercaya bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

Kayu manis kaya antioksidan

Buat kamu yang memperhatikan kesehatan dan dampak radikal bebas yang berbahaya, bisa lho mengonsumsi kayu manis. Soalnya rempah-rempah ini mengandung polifenol, jenis antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Diketahui polifenol bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari sinar UV, dan menjaga otak agar tetap sehat.

Teh dengan kayu manis (fitlife.tv)

Kayu manis untuk diet

Kayu manis juga cocok banget nih dikonsumsi buat kamu yang lagi diet. Soalnya, ada kandungan  zat cinnamaldehyde yang bisa membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Untuk menurunkan berat badan, kamu bisa rutin minum air rebusan kayu manis, bisa juga dicampur madu biar makin enak. 

Madu untuk menurunkan berat badan

Minum madu sebelum tidur disarankan buat kamu yang ingin membakar lemak. Kalau kamu sering kelaparan tengah malam, bisa juga mencoba trik ini karena minum madu di malam hari bisa bikin kamu tetap merasa kenyang dan mengurangi risiko makan makanan yang nggak sehat. 

Madu juga bagus banget lho buat mengurangi risiko diabetes. Meski rasanya manis, tapi ketika dikonsumsi, malah bisa membantu mengurangi kadar glukosa darah.

Madu (universityhealthnews.com)

Madu untuk daya ingat

Kamu sering lupa atau mengalami short term memory? Coba deh rajin minum madu, misalnya 20gram per hari. Madu ternyata bagus buat meningkatkan daya ingat jangka panjang lho, gengs. Meski secara alami daya ingat akan menurun seiring bertambahnya usia, tapi setidaknya perubahannya nggak drastis.

Madu untuk kekebalan

Kalau akhir-akhir ini kamu merasa lebih sering sakit, segera deh rutinkan minum madu soalnya mengandung banyak antioksidan yang bisa melindungi kulit dari serangan penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu mentah mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah banyak penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Madu juga kaya polifenol, antioksidan yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations