Jangan Main-main, Ini 5 Penyebab Insomnia yang Harus Dicegah

Jangan Main-main, Ini 5 Penyebab Insomnia yang Harus  Dicegah

Insomnia atau susah tidur merupakan kebiasaan yang bisa sebabkan kesehatan dan rutinitas seseorang bisa terganggu. Mayo Clinic memberikan penjelasan bahwa insomnia yang sudah parah tingkatnya dipercaya bisa menimbulkan komplikasi pada organ tubuh, prestasi kerja yang memburuk, hingga sebabkan gangguan mental, hingga hipertensi.

Insomnia tidak akan datang dengan sendirinya karena memiliki beberapa sebab. Penyebab insomnia bisa bersumber dari banyak hal. Jadi diperhatikan penyebab agar insomnia bisa dicegah.

1. Terlalu Lama Tidur Siang

Tidur siang sebaiknya jangan terlalu lama, cukup berkisar 10-20 menit saja. Jika terlalu lama tidur siang hingga berjam-jam, dipastikan pada malam hari membuat seseorang jadi susah tidur. Jadi tidur siang dilakukan dalam waktu secukupnya yang penting berkualitas.

Ilustrasi Tidur Siang (Halodoc)

2. Minum Kopi Sebelum Tidur

Tak dipungkiri kopi diminum orang yang mau begadang atau tidur larut malam karena zat kafein yang bersifat stimultan dan menciptakan kewaspadaan. Bisa jadi minum kopi di malam hari atau sebelum tidur membuat mata tidak terlelap dan rasa ngantuk tak juga muncul.

3. Main Gadget Jelang Tidur

Selain kopi, bermian gadget seperti game online atau bermain ponsel sebabkan penyebab insomnia. Misalnya paparan dari cahaya biru pada ponsel dan gadget bisa menekan hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin mengontol jam biologis dalam tubuh. Otak akan mengartikan sinar cahaya biru itu adalah waktu masih teranga tau siang, jadi tubuh akan mendapatkan sinyal untuk tidak tidur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"