5 Hal yang Bisa Menyebabkan Kamu Susah Tidur dan Solusinya

5 Hal yang Bisa Menyebabkan Kamu Susah Tidur dan Solusinya

Banyak kondisi yang dapat mengganggu tidurmu. Kurang tidur tidak hanya membuatmu mengantuk. Insomnia kronis berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Tapi tak perlu khawatir karena kondisi ini dapat diobati. Berikut ini 5 penyebab mengapa seseorang bisa sulit tidur, dan apa solusinya.

1. Sleep Apnea

Sleep apnea biasanya ditunjukkan dengan gejala mendengkur pada pria dengan kelebihan berat badan. Namun, wanita dengan ukuran tubuh berapa pun juga dapat mengalami jeda pernapasan yang berulang-ulang saat mereka tidur. Pria atau wanita yang memiliki rahang sempit atau perubahan tonus otot bisa terkena apnea. Salah satu dari masalah anatomi ini dapat menghalangi oksigen mencapai paru-paru (dan seluruh tubuh) saat tidur.

Solusi: Temui spesialis untuk studi tidur. Kamu mungkin bisa meredakan apnea dengan beberapa penyesuaian gaya hidup, seperti tidur miring atau menurunkan berat badan. Dokter juga mungkin menyarankan alat oral atau mesin CPAP yang mengalirkan udara ke saluran udara napasmu agar bisa tetap terbuka di malam hari.

2. Kurangnya olahraga

Perbedaan orang normal dan orang dengan sleep apnea saat tidur (mckeeedental.com)

Tidur dan olahraga ternyata saling berkaitan. Berolahraga secara teratur dapat membantumu tidur lebih nyenyak, dan sebaliknya, kamu akan lebih mungkin berolahraga jika mendapatkan istirahat malam yang cukup.

Solusi: Berolahragalah setiap hari jika bisa, idealnya di pagi hari. Melakukan rutinitas aerobik berenergi tinggi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menimbulkan efek sebaliknya, yaitu membuat kamu terlalu berenergi untuk tidur. Namun, peregangan yoga yang lembut sebelum tidur justru akan membuatmu rileks.

3. Nyeri

Sakit radang sendi atau jenis nyeri lainnya bisa membuat kita tidak bisa tidur nyenyak. Sebaliknya, kurang tidur bisa memperparah rasa sakit. Para peneliti percaya bahwa kurang tidur dapat mengaktifkan jalur inflamasi yang memperburuk nyeri arthritis. Kurang tidur juga bisa membuatmu lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Solusi: Selain obat pereda nyeri yang direkomendasikan dokter, coba gunakan bantal pemanas atau mandi air hangat sebelum tidur untuk meredakan nyeri sendi atau otot. Berbaring di atas bantal badan dapat membuat posisimu lebih nyaman saat tidur.

4. Depresi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"