Jangan Disepelekan! Kelebihan Vitamin D Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Jangan Disepelekan! Kelebihan Vitamin D Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi vitamin D. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat.

Namun Anda mesti berhati-hati saat mengkonsumsi suplemen vitamin D, jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan. Jika ini terjadi, maka kandungan kalsium dalam tubuh akan terus menumpuk.

Efek samping mengkonsumsi vitamin D berlebihan (via suara.com)

"Mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin D dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan terlalu banyak kalsium menumpuk di dalam tubuh (hiperkalsemia)," jelas NHS (layanan kesehatan Inggris).

Kondisi seperti ini bisa menyebabkan kerusakan tulang, ginjal dan jantung. NHS menghimbau agar menghindari konsumsi vitamin D tak lebih dari 4.000 iU atau 100 mikrogam karena akan sangat berbahaya.

"Ini berlaku untuk orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui dan orang berusia tua (lansia), dan anak-anak berusia 11 hingga 17 tahun," imbuh NHS.

Tanda dari hiperkalsemia termasuk mual luar biasa dan nafsu makan yang menurun sedangkan di beberapa orang mengalami muntah, hingga penurunan berat badan esktrem.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"