Jangan Bingung! Ini Panduan Isolasi Mandiri di Rumah: Kenali Gejala, Lama Perawatan, dan Terapi yang Diperlukan

Jangan Bingung! Ini Panduan Isolasi Mandiri di Rumah: Kenali Gejala, Lama Perawatan, dan Terapi yang Diperlukan

Seiring dengan bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 dan keterisian rumah sakit yang hampir 100% membuat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan diperbolehkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman).

Akan tetapi, hal yang seringkali membingungkan pasien adalah apa gejala, berapa lama isolasi yang harus dilakukan, hingga terapi yang diperlukan saat melakukan isoman tersebut.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan telah memberikan panduan mengenai kategori pasien tanpa gejala dan ringan beserta tempat, durasi hingga terapi yang bisa diberikan selama isolasi mandiri.

Ilustrasi Isolasi Mandiri di Rumah (KlikDokter)

Biar kamu semua nggak bingung, nah berikut ini panduannya:

Panduan isoman untuk pasien Covid-19 tanpa gejala

1. Gejala

Pasien Covid-19 tanpa gejala, biasanya memiliki frekuensi napas sekitar 12-20 kali per menit dengan saturasi masih lebih dari 95 persen.

2. Tempat dan lama perawatan

Tempat perawatan yang dibutuhkan oleh pasien positif Covid-19 tanpa gejala adalah isolasi mandiri di rumah atau fasilitas isolasi pemerintah (jika masih tersedia).

Sementara, lama perawatan yang dibutuhkan adalah 10 hari isolasi, sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.

3. Terapi

Saran terapi dari Kementerian Kesehatan untuk pasien Covid-19 tanpa gejala adalah perbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin C, D dan Zinc.

Hal ini bukan berarti saat isolasi mandiri pasien hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan itu saja. Melainkan harus juga terpenuhi asupan nutrisi lainnya, agar imunitas pasien bisa lebih baik lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"