Ibadah Makin Lancar, Ini Lho Tips Mencegah Sembelit Saat Puasa

Ibadah Makin Lancar, Ini Lho Tips Mencegah Sembelit Saat Puasa

Tips cegah sembelit saat puasa  ini wajib kamu tahu. Karena ketika berpuasa kamu akan mengalami perubahan waktu dan porsi makan.  Biasanya sembelit adalah masalah yang sering muncul ketika awal memasuki bulan puasa. Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Sembelit saat puasa biasanya terjadi karena usus besar terlalu banyak menyerap air dibanding makanan. Nah, maka dari itu feses menjadi kering dan frekuensi buang air besar pun berkurang. Inilah yang menyebabkan sembelit. Lalu bagaimana cara mencegah sembelit saat puasa? Berikut ini tipsnya.

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Tips Cegah Sembelit Saat Puasa (via Alodokter)

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk cegah sembelit saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Meski gorengan memang terlihat enak saat puasa tapi jangan lupakan buah dan sayuran ya. Pastikan kedua makanan tersebut terdapat dalam menu sahur dan berbuka.

Penuhi Cairan Tubuh

Tips Cegah Sembelit Saat Puasa (via Kompas Lifestyle)

Saat puasa tentu asupan cairan dalam tubuh akan berkurang. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan minum air putih setidaknya delapan gelas per hari. Dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan empat gelas saat malam.

Kurangi Makanan Berlemak



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"