Hiih Merinding! Dokter Ini Keluarkan 145 Belatung di Hidung Pria Ini

Hiih Merinding! Dokter Ini Keluarkan 145 Belatung di Hidung Pria Ini

Seorang dokter melakukan sebuah operasi menyeramkan. Ia mengeluarkan 145 belatung dari mata maupun hidung seorang pria berusia 65 tahun. Menurut kabar yang beredar, pria tersebut melakukan pengobatan untuk penyakit mucormycosis (jamur hitam) dan Covid-19 sekitar setahun yang lalu.

Dikutip dari Indian Express, penjelasan dari pihak rumah sakit SS SPARSH di Rajarajeshwari Nagar, Bengaluru, pasien tersebut sudah melakukan operasi untuk mengangkat jaringan mati di hidungnya akibat rongga hidung sebelah kiri yang lebih besar.

"Khususnya, rongga hidung yang lebar lebih rentan terhadap sekret yang menyebabkan pengerasan kulit, sehingga jika douching hidung tidak dilakukan untuk menjaga kebersihan, sekret yang berbau busuk dapat menarik lalat yang bertelur di dalam hidung, yang akhirnya dapat menetas menjadi belatung," tambah pernyataan itu.

Ilustrasi operasi bedah (hellosehat.com)

"Jika belatung tidak dikeluarkan, mereka dapat mencapai otak dan merusak jaringan otak. Mata terhubung langsung ke otak, dan jika mata terkena dapat menyebabkan infeksi, yang merupakan keadaan darurat," kata Dr Manjunath MK, konsultan Ahli Bedah THT, Rumah Sakit SS SPARSH, yang merawat pasien itu.

Operasi yang dilakukannya itu membutuhkan waktu 2 hari sekitar 1,5-2 jam dari masing-masing hari. Operasi itu dilakukan dengan proses bedah sinus endoskopi.

"Karena mereka adalah belatung, itu dikeluarkan dengan bantuan endoskopi. Endoskopi dilewatkan melalui hidung, dan sambil melihat monitor kamera, jaringan yang mati diangkat. Untuk operasi mata dilakukan secara open procedure," jelas dokter.

Menurut laporan penelitian  Journal of Nepal Medical Association 2021, belatung kerap ditemui di hidung telinga, luka trakeostomi, wajah, gusi dan rongga serosa maupun beberapa tempat lain.

Menurut mereka, pasien yangp unnya faktor resiko dan komorbiditas akan rentan terhadap kondisi ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"