Gak Cuma Kalsium, Ternyata Tulang Butuh Banyak Mineral Lain yang Tak Kalah Penting

Gak Cuma Kalsium, Ternyata Tulang Butuh Banyak Mineral Lain yang Tak Kalah Penting

Kalsium merupakan mineral terpenting untuk kesehatan tulang. Namun, ada mineral lain yang juga berperan penting. Kabar baiknya adalah pola makan seimbang memberikan nutrisi yang cukup bagi kebanyakan orang tanpa memerlukan suplementasi yang mahal.

Berikut beberapa mineral yang diperlukan untuk mendapat tulang yang sehat, dan makanan apa yang bisa menunjangnya.

Fakta menarik tentang tulang (klasika.kompas.id)

1. Boron

Beberapa penelitian mencoba mencari tahu apakah boron mengurangi gejala osteoartritis, mungkin dengan menurunkan peradangan. Penelitian lain mencoba mencari tahu apakah boron membantu menjaga kesehatan tulang. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami dampak boron terhadap tulang.

Sumber Boron: almond, apel, alpukat, pisang, brokoli, seledri, pir, jus anggur, polong-polongan (kacang tanah, buncis, kacang hijau), kacang-kacangan, persik, kentang, jus plum, kismis, dan tomat.

2. Tembaga

Tembaga adalah mineral yang kamu butuhkan untuk tetap sehat. Tubuhmu menggunakan tembaga untuk menjalankan banyak fungsi penting, termasuk menghasilkan energi, jaringan ikat, dan pembuluh darah. Tembaga juga membantu menjaga sistem saraf dan kekebalan tubuh, serta mengaktifkan gen. Tubuhmu juga membutuhkan tembaga untuk perkembangan otak.

Banyak makanan mengandung tembaga. Anda bisa mendapatkan jumlah tembaga yang disarankan dengan mengonsumsi berbagai makanan.

Sumber Tembaga: Alpukat, buncis, kacang-kacangan (kacang mete), jamur, hati sapi, tiram, kentang, sereal dedak gandum, biji-bijian, tahu, dan coklat.

3. Besi

Zat besi adalah faktor pendamping untuk enzim yang terlibat dalam sintesis kolagen. Dalam tes laboratorium, rendahnya kadar zat besi dapat menyebabkan rendahnya kekuatan tulang. Peringatan: jika Anda mengonsumsi kalsium, jangan mengonsumsi zat besi secara bersamaan, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi.

Sumber Zat Besi: Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, dan daging merah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"