Gak Cuma Berat Badan, Banyak Makan Buah dan Sayur Bikin Jantung Sehat

Gak Cuma Berat Badan, Banyak Makan Buah dan Sayur Bikin Jantung Sehat

Dua dekade lalu, studi dari DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menguji efek dari tiga diet berbeda pada hampir 500 peserta selama delapan minggu.

Diet pertama adalah diet dengan konsumsi buah dan sayuran relatif rendah (3,5 porsi setiap hari), tinggi makanan cepat saji dan permen. Yang kedua menawarkan lebih banyak buah dan sayuran (8,5 porsi setiap hari) serta biji, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan, dan tidak banyak permen.

Diet banyak buah dan sayur (time.com)

Ketiga adalah diet DASH yang sangat sehat, kaya akan buah-buahan dan sayuran (9,5 porsi setiap hari), kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian utuh, dan hampir tidak ada permen.

Peserta benar-benar harus menerapkan rencana diet. Semua makanan disediakan oleh para peneliti, dengan satu kali makan per hari di pusat studi dan sisanya disediakan untuk dibawa pulang. Semua diet memiliki jumlah natrium (garam) dan kalori yang sama.

Setelah dua minggu, baik diet lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran dan diet DASH secara signifikan menurunkan tekanan darah. Efek tekanan darah yang sehat ini berlangsung selama studi delapan minggu penuh.

Selanjutnya, penelitian ini menyoroti efek luar biasa pada peserta yang mengikuti diet DASH. Di antara mereka yang didiagnosis tekanan darah tinggi, tekanan darah sistolik (angka teratas) turun 11,4 poin, dan tekanan darah diastolik (angka lebih rendah) sebesar 5,5 poin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"