Disengat Kelabang? Ini Cara Mengobatinya yang Perlu Dilakukan!

Disengat Kelabang? Ini Cara Mengobatinya yang Perlu Dilakukan!

Apa sih obat disengat kelabang yang manjur?

Kelabang adalah salah satu hewan yang ditakuti banyak orang. Kelabang biasanya muncul di situasi atau wilayah yang kotor dan nggak terawat.

Lalu, kelabang itu bisa punya racun, loh. Kelabang akan menyebarkan racun "venom" lewat gigitannya. Emang sih gigitannya nggak membahayakan banget. Tapi, saat digigit kalian bisa mengalami rasa sakit yang parah banget.

Nah, kalo abis disengat kelabang, enaknya diobatin pakai obat apa? Pertama-tama ada hal-hal yang harus kalian lakukan. Simak pertolongan pertamanya sebagai berikut.

disengat kelabang (Tribunnews.com)

1. Bersihin area bekas sengatan kelabang memakai sabun yang punya kandungan antiseptik.

2. Lalu, kompres pakai air panas atau air dingin di bagian gigitan kelabang. Ini berfungsi buat mengurangi rasa sakit pada bekas gigitan kelabang.

Kompres (hellosehat.com)

3. Pakai obat-obatan anti nyeri. Terutama, kalo bekas gigitan kelabang menimbulkan nyeri yang parah.

4. Olesin krim atau salep yang mengandung hidrokortison kalo bekas gigitan kelabang bikin kulit gatal-gatal dan ruam.

5. Apabila ada infeksi bekas sengatan kelabang, kalian bisa pakai beberapa jenis antibiotik yang bisa didapatkan dari dokter.

6. Ruam atau jaringan kulit yang rusak biasanya bisa sembuh sendiri. Tapi, menjaga kebersihan daerah sekitar gigitan kelabang sangat diperlukan.

7. Bahaya gigitan kelabang menimbulkan tetanus. Kalo kalian belum pernah dapet vaksin tetanus, lebih baik kalian berkonsultasi ke dokter

Kemudian, jika kalian masih merasakan nyeri nggak tertahankan, bisa diringankan dengan Paracetamol. Biasanya nyeri disengat kelabang bisa menghilang dengan sendirinya. Tapi, kalo selama 3-4 hari belum sembuh juga, lebih baik periksakan ke dokter, ya!

Sengatan kelabang yang nggak ditanganin dengan baik juga bisa menyebabkan infeksi, loh. Kalo infeksi dibiarkan juga dapat menimbulkan gangguan fungsi jantung, sakit kepala parah, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

Kemudian, kalian sebaiknya hati-hati kalo setelah digigit kelabang lalu muncul tanda-tanda sebagai berikut:

- sesak napass

- denyut jantung menjadi melambat

- tubuh lemas dan meriang

- mual hingga muntah

Apabila muncul tanda-tanda di atas, lebih baik segera periksakan ke dokter. Nanti, dokter akan memberikan penanganan serta obat yang paling tepat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"