Cocok Buat Yang Siap-siap Jalan Balik Setelah Mudik, Ini 6 Solusi Atasi Mabuk Perjalanan

Cocok Buat Yang Siap-siap Jalan Balik Setelah Mudik, Ini 6 Solusi Atasi Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan  menjadi salah satu hal umum yang dialami di momen mudik  Lebaran. Hal ini banyak terjadi oleh orang yang bepergian dengan menggunakan mobil, bus, kereta api, kapal laut ataupun pesawat terbang. Meskipun tidak berbahaya, tapi mabuk perjalanan dapat menghambat aktivitas dan membuat perjalanan tidak menyenangkan.

Dikutip dari laman Alodokter, mabuk perjalanan merupakan kondisi saat otak tidak dapat memahami sinyal gerakan yang dikirim oleh mata, telinga, dan tubuh saat sedang di perjalanan. Kondisi itu yang akhirnya membuat penderitanya mengalami pusing dan mual di dalam kendaraan yang bergerak.

Misalnya, di dalam kendaraan mata seakan melihat pepohonan yang bergerak namun otot dan sendi merasa tubuh diam tidak bergerak. Hal ini yang membuat otak tidak dapat memproses informasi apakah tubuh diam atau bergerak. Untuk mengantisipasinya, berikut enam solusi untuk mengatasi mabuk perjalanan.

1.    Jangan Makan Terlalu Kenyang

Foto: Atasi Mabuk Perjalanan (Jovee)

Kondisi perut merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan. Mengisi perut memang sangat diperlukan sebelum bepergian. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan dan terlalu kenyang. Pasalnya, guncangan dari kendaraan bisa menimbulkan rasa mual serta pusing sehingga membuat perut serasa terkoyak dan akhirnya mengeluarkan isinya.

2.    Minum Obat Anti Mabuk Perjalanan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah meminum obat anti mual atau anti mabuk. Setelah meminumnya, kamu akan merasa ngantuk dan tertidur di perjalanan. Jadi, kamu tidak bakal merasakan mabuk perjalanan. Solusi ini dianggap paling efektif menghilangkan mabuk perjalanan.

3.    Hirup Minyak Angin atau Aromaterapi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"