Cek Fakta: Mandi di Malam Hari Bisa Sebabkan Rematik?

Cek Fakta: Mandi di Malam Hari Bisa Sebabkan Rematik?

Banyak orang masih percaya jika mandi  di malam hari bisa memicu gangguan kesehatan. Salah satu penyakit adalah rematik  ada bagian sendi mengalami nyeri atau ngilu. Ternyata mandi pada malam hari bisa sebabkan rematik hanya mitos belaka.

Dilansir dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan jika mandi malam menyebabkan rematik adalah hoax belaka. Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Reumatologi, Handono Halim mengatakan bahwa mandi malam tidak masalah bagi kesehatan.

Menurutnya sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan jika mandi pada malam hari bisa memicu rematik. Justru bukan rematik yang bisa dirasakan karena efek mandi malam hari, melainkan otot menjadi kaku karena mandi menggunakan air dingin.

Ilustrasi Mandi di Malam Hari (Klikdokter)

Menurut dr.Handono untuk orang yang tidak kuat dingin masih normal jika mandi tengah malam dengan air dingin membuat otot menjadi kaku. Disarankan menggunakan air hangat jika akan mandi di malam hari bagi orang yang tak kuat dengan dingin.

Sementara itu menurut Healthynowandforever, mandi malam tidak sebabkan rematik, namun mandi pada malam hari akan membuat seseorang yang sebelumnya idap rematik akan semakin parah karena masalah persendiannya bukannya sembuh malah semakin parah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"