Ini 4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan, Apa Aja?

Ini 4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan, Apa Aja?

Banyak orang suka mandi air panas karena memberi manfaat relaksasi. Padahal, mandi air dingin juga tak kalah berkhasiat, lho.

Dilansir dari Times of India, Senin (8/11/2021) mandi air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah. Buat kamu yang punya alergi, mandi air dingin dapat membantu meredakan gatal dan iritasi. Apa lagi manfaat mandi air dingin yang perlu kamu tahu? Simak ulasan berikut, ya!

1. Memberikan dorongan energi

Apabila secangkir kopi di pagi hari tidak bisa membangunkanmu, alias masih susah melek, coba deh untuk mandi pakai air dingin. Berdasarkan penelitian, mandi air dingin dapat merangsang stimulus norepinefrin dari sistem saraf simpatis.

Norepinefrin adalah neurotransmitter yang dapat meningkatkan energi, mengaktifkan otak kamu, membuat kamu waspada dan meningkatkan fokus. Jadi lebih semangat, kan?

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan (KlikDokter)

2. Meningkatkan mood

Selain meningkatkan energi dan kewaspadaan, neurotransmitter yang dilepaskan saat mandi air dingin juga memiliki efek positif pada suasana hati kamu.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mandi dengan air dingin juga dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan. Mandi air dingin akan mengirimkan banyak impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak yang memiliki efek anti depresi.

3. Pereda sakit

Selain hal yang sudah disebutkan di atas, berdasarkan jurnal yang diterbitkan dalam ilmu kedokteran Amerika Utara mengatakan bahwa mandi air dingin terbukti dapat memberikan terapi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan sehingga dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pulih setelah aktivitas fisik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"