5 Dampak Buruk Ini Menyerang Tubuh Kita Kalau Sering Mandi Malam

5 Dampak Buruk Ini Menyerang Tubuh Kita Kalau Sering Mandi Malam

Setelah kerja atau beraktivitas seharian, pulang malam hari adalah hal yang biasa buat orang jaman sekarang. Ya namanya baru pulang gitu, membersihkan badan ya perlu lah. Makanya pada mandi malem-malem deh.

Mandi pada malam hari banyak dilakukan biar tidur lebih nyaman. Tapi ternyata, mandi malam hari disebut-sebut membahayakan kondisi tubuh kita oleh sejumlah ahli gengs. Waduh.

Menurut para ahli, mandi pada malam hari bisa memperburuk kondisi badan yang semula sehat jadi bener-bener sakit. Kondisi tubuh seseorang bisa parah lho. Ini terjadi karena perbedaan antara suhu tubuh dan air pada malam hari.

Mandi sepulang kerja di malam hari, bahaya nggak sih? (phillymag.com)

Kalo kita mandi malam, tubuh kita jadi harus menyesuaikan dengan beberapa perbedaan tersebut. Sementara kalo tubuh kita nggak bisa menyesuaikan, penyakit bakal menyerang kita gengs.

Dikutip dari Steemit.com, 5 dampak buruk ini bakal menyerang tubuh kita kalo sering mandi malam. Simak deh.

1. Pilek

1. Pilek Repot deh kalo udah pilek begini (treehugger.com)

Suhu tubuh manusia umumnya meningkat pada malam hari. Pori-pori di kulit kita juga akan terbuka. Makanya, kalo bisa sih jangan mandi malam hari gengs, hindarin deh.

Kalo dipaksa buat mandi, tubuh yang panas disiram dengan air dingin gitu, maka akan berakibat pada demam dan pilek gengs. Kondisi tubuh pun bakal nggak enak juga saat kita bangun pagi.

2. Metabolisme terganggu

2. Metabolisme terganggu gbr 3: Gara-gara sering mandi malam, metabolisme kita bisa terganggu lho (blackdoctor.org)

Mandi di malam hari setelah seharian beraktivitas? Hati-hati ya. Soalnya, itu justru bisa mengganggu metabolisme tubuh loh. Kenapa?

Ini terjadi karena saat malam hari, tubuh kita cenderung sudah mulai melemah dan butuh istirahat gengs. Kalo kita mandi malem-malem, air yang masuk lewat pori-pori yang terbuka di kulit menyebabkan gangguan pada hormon tubuh kita.

3. Penuaan dini

3. Penuaan dini Gara-gara mandi malem hari juga bisa bikin penuaan dini gengs (romper.com)

Mandi malam hari ternyata bisa mempercepat proses penuaan gengs. Beberapa pihak mengatakan bahwa tubuh kita nggak bisa menerima rangsangan air dingin ketika mandi malem-malem.

Kalo kita mandi malem terus menerus, peningkatan metabolisme akan terjadi. Dan dibutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup untuk menstabilkannya kembali. Kalo nggak dilakukan, kalian bakal lebih cepet tua gengs. Wah ....

4. Asam urat

4. Asam urat Wah, ngeri juga ya kalo asam urat (shutterstock.com)

Serangan asam urat juga bisa terjadi kalo kita sering mandi malam hari. Penyakit ini sebenernya terjadi karena konsumsi zat purin yang banyak dalam tubuh, makanya kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Tapi para peneliti meyakini, kalo kita keseringan mandi malam juga menyebabkan asam urat. Ini terjadi lantaran banyaknya konsumsi zat purin.

5. Reumatik

5. Reumatik Reumatik katanya disebabkan kebiasaan mandi malem gengs (honestdocs.id)

Reumatik adalah penyakit autoimun, dan akan terjadi peradangan sendi karenanya. Seseorang akan merasakan sakit pada sendi-sendinya. Ngilu banget sih katanya.

Penyebab reumatik sendiri nggak terlalu jelas, tapi menurut para ahli kesehatan, penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik mereka-mereka yang produktif loh.

Kabarnya, salah satu penyebab penyakit ini adalah kebiasaan mandi malam. Jadi, ada baiknya kalian lebih sadar akan kesehatan ya. Emang lengket-lengket gimana gitu kalo belom mandi sepulang beraktivitas, tapi kalo malem hari, pikir dua kali ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"