Cara Jitu Ini Bisa Dilakukan Bagi Kamu yang Mau Berhenti Merokok

Cara Jitu Ini Bisa Dilakukan Bagi Kamu yang Mau Berhenti Merokok

Merokok  merupakan kebiasaan seseorang yang bisa memicu gangguan kesehatan seperti penyakit jantung coroner, stroke, hipertensi, kanker, hingga gangguan pernapasan, dan masalah kesuburan. 

Dalam sebatang rokok terkandung 4 ribu jenis senyawa kimia seperti nikotin yang bisa sebabkan kecanduan. Dari 4 ribu senyawa kimia ada 400 jenis zat beracun yang berbahaya bagi tubuh.

Mengkonsumsi rokok tak hanya merugikan si perokok aktif juga karena perokok pasif banyak yang bisa terganggu kesehatannya hingga memicu idap kanker karena terlalu seirng menghirup asap rokok dari orang dekatnya.

Memang beberapa orang ada yang memutuskan untuk berhenti merokok karena mencoba hidup sehat. Berhenti merokok bisa dilakukan asalkan melakukan beberapa langkah berikut ini.

Ilustrasi Orang Merokok (Kompas.com)

1. Niat dan Komitmen

Seseorang yang berhenti merokok harus memiliki niat yang besar dan menjaga komitmen tersebut. Jangan sampai ketika proses berhenti merokok kemudian tergoda lagi untuk merokok saat melihat orang merokok. Niat dan komitmen harus terjaga.

2. Mengurangi Rokok

Berhenti merokok bisa memulai dengan cara mengurangi rokok Misalnya dalam sehari bisa merokok sebanyak satu bungkus, coba dengan mengurangi setengah bungkus, dan keesokan harinya seperempat bungkus, hingga terus kurangi jumlahnya secara bertahap.

3. Olahraga Secara Teratur

Karena mulai tak lagi merokok membuat ada aktivitas yang hilang. Coba ganti aktivitas itu dengan hal-hal yang berguna bagi kesehatan, misalnya olahraga. Olahraga teratur bisa membuat tubuh semakin sehat bersamaan dengan mulai berkurangnya waktu merokok.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"