Benarkah Makan di Larut Malam Tidak Bagus untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini

Benarkah Makan di Larut Malam Tidak Bagus untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini

Budaya diet di masyarakat menyarankan agar orang menghindari makan setelah jam 7 malam jika ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal. Kadang-kadang, para ahli bahkan berpendapat bahwa makan larut malam tidak sehat.

Ternyata membuat pernyataan umum bahwa makan di malam hari itu buruk tidaklah benar. Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, dan jadwal makan terbaik adalah yang memungkinkanmu memberi nutrisi pada tubuh pada waktu yang selaras dengan jadwal dan gaya hidup unikmu.

# Makan & Tidur Larut Malam

Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan, “Apakah makan di malam hari itu buruk?”, akan sangat membantu jika kita memahami hubungan antara pencernaan dan tidur terlebih dahulu.

Beberapa orang mungkin merasa bahwa makan larut malam mengganggu tidur mereka, jadi makan lebih awal di siang hari akan lebih baik bagi mereka. 

Sebuah studi terbaru di jurnal Stress & Health menemukan bahwa makanan tinggi lemak dan tinggi protein yang dikonsumsi sekitar pukul 22.00 akan membuat tidur terganggu karena makanan jenis ini dicerna dengan lambat. 

Selain itu, proses mencerna makanan di malam hari meningkatkan aktivitas hormonal yang terkait dengan stres, yang dapat membuatmu tetap terjaga di malam hari. 

Jika kamu kesulitan tidur di malam hari, mungkin ada gunanya mengevaluasi kebiasaan makanmu. Jika kamu cenderung makan berat menjelang waktu tidur, mungkin inilah penyebab gangguan tidurmu. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"