Alasan Seseorang Kehilangan Passion, Jangan-Jangan Kamu Mengalami Anhedonia

Alasan Seseorang Kehilangan Passion, Jangan-Jangan Kamu Mengalami Anhedonia

Kehilangan minat pada hal favorit bisa saja menjadi gejala anhedonia. Apa itu? Faktanya, ada sejumlah alasan yang membuat seseorang kehilangan passion. Kedengarannya memang aneh, karena melakukan kegiatan yang sesuai dengan passion atau hobi pasti sangat menyenangkan. Bahkan ada orang yang bisa melakukannya selama berjam-jam.

Namun ternyata kehilangan semangat dan kepuasaan diri akan sesuatu hal juga pernah dialami hampir semua orang. Mengutip laman Klikdokter, hal tersebut dinamakan dengan anhedonia. Anhedonia merupakan kondisi mental ketika seseorang kehilangan minat terhadap apapun, termasuk pada passionnya sendiri. Orang tersebut mengalami mati rasa pada hal yang dia senangi. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasan berikut ini!

Gejala Anhedonia

Gejala Anhedonia Anhedonia (via Alodokter)

Gejala anhedonia sebenarnya tidak hanya ditandai dengan hilangnya ketertarikan seseorang pada hal yang dia sukai. Selain kehilangan minat pada hobi, gejala lain yang ditunjukkan ketika seseorang mengalami anhedonia antara lain seperti menarik diri dari lingkungan sosial, memutus hubungan personal dengan orang lain, memiliki perasaan negatif pada diri sendiri dan orang lain, serta berkurangnya ekspresi emosi.

Tidak hanya itu, gejala lainnya juga ditunjukkan dengan emosi palsu, misalnya berpura-pura bahagia atas kebahagian orang lain, berkurangnya gairah seksual, dan sering mengalami masalah kesehatan. Perilaku macam ini bersifat toksik untuk dirimu serta menggerogoti dan merusak tubuh secara perlahan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"