Kamar Kos Kumuh Jadi Masalah, Apa Itu Hoarding Disorder dan Bahayanya?

Kamar Kos Kumuh Jadi Masalah, Apa Itu Hoarding Disorder dan Bahayanya?

Istilah hoarding disorder menjadi perbincangan terkait kabar kamar kos perempuan bak penampungan sampah yang viral di medsos baru-baru ini. Sebuah video menunjukkan pemandangan kamar yang sangat kotor, di mana barang menumpuk, benda berceceran, kantong plastik di mana-mana, hingga lantai basah karena air meluap dari kamar mandi. Netizen menduga bahwa penhuni kos tersebut mengidap hoarding disorder. Apa itu? Simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Hoarding Syndrome?

Apa Itu Hoarding Syndrome? Hoarding Disorder (via Psychiatry Advisor)

Hoarding Disorder adalah gangguan mental yang ditandai oleh kecenderungan yang berlebihan untuk mengumpulkan dan menyimpan barang-barang yang tampaknya tidak memiliki nilai yang signifikan. Penderita akan menimbun barang apapun di tempat tinggalnya dan tak berencana merapikannya karena berbagai alasan.

Orang yang mengalami gangguan ini seringkali kesulitan untuk membuang atau memisahkan diri dari barang-barang tersebut, bahkan jika itu adalah sampah atau barang yang sudah tidak berguna. Hoarding Disorder dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang dan dapat mengakibatkan kondisi kehidupan yang tidak sehat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"