Nggak Selalu Gangguan Mental, Ini Alasan Seseorang Suka Bicara Sendiri

Nggak Selalu Gangguan Mental, Ini Alasan Seseorang Suka Bicara Sendiri

Kamu pernah nggak memiliki teman yang tiba-tiba suka bicara sendiri, padahal dia sedang sendirian? Tenang, hal tersebut tidak selalu karena ada gangguan mental. Ada sejumlah alasan seseorang suka bicara sendiri yang sebenarnya normal terjadi, bahkan bermanfaat dalam beberapa keadaan lho.

Mengutip laman Halodoc, para ahli menyebutkan bahwa berbicara sendiri atau self-talk merupakan ekspresi verbal dari posisi internal untuk mengungkapan perasaan batin, pikiran non-verbal, intuisi tentang situasi melalui pembicaraan.

Sebenarnya orang yang suka bicara sendiri hanya ingin mengarahkan obrolannya tersebut pada dirinya sendiri. Untuk anak-anak, sering bicara sendiri juga dapat menjadi sarana pengembangan bahasa dan menstimulasi proses belajar. Lantas, apa yang menjadi penyebab seseorang suka berbicara sendiri? Berikut ulasannya!

1. Meningkatkan Konsentrasi

1. Meningkatkan Konsentrasi Alasan Seseorang Suka Bicara Sendiri (via Beautynesia)

Alasan pertama kenapa orang suka bicara sendiri adalah karena orang tersebut ingin mempertahankan fokus dan menghindari gangguan eksternal maupun internal. Bagi orang lain yang melihat, mungkin hal tersebut cukup aneh untuk dilakukan. Namun bagi orang yang melakukannya, bicara sendiri adalah cara jitu agar produktivitasnya terus meningkat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"