8 Sumber Karbohidrat Kompleks Yang Lebih Menyehatkan dari Nasi Putih

8 Sumber Karbohidrat Kompleks Yang Lebih Menyehatkan dari Nasi Putih

Selama bertahun-tahun, karbohidrat memiliki reputasi yang buruk. Orang sering menjadikannya alasan di balik bertambahnya berat badan, diabetes tipe 2, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Ya, memang benar bahwa makanan olahan yang tinggi gula dan biji-bijian olahan bisaanya kurang vitamin dan mineral penting. Namun, banyak makanan padat nutrisi dan kaya serat yang sebenarnya bisa sangat baik untuk kamu.

Meskipun diet rendah karbohidrat dapat bermanfaat bagi sebagian orang, tidak ada alasan untuk menghindari makanan tinggi karbohidrat sama sekali. Berikut 8 makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang sangat menyehatkan.

1. Quinoa 

Salad dari quinoa (cookidoo.international)

Quinoa adalah sejenis tanaman biji-bijian yang teksturnya menyerupai kacang, berbentuk pipih dan sedikit lonjong, serta bisaanya berwarna kuning pucat. Quinoa yang dimasak mengandung 70% karbohidrat, menjadikannya makanan tinggi karbohidrat. Namun, ini juga merupakan sumber protein dan serat yang baik.

Quinoa kaya akan mineral dan senyawa tumbuhan yang berkaitan erat dengan manfaat bagi kesehatan, termasuk peningkatan pengelolaan gula darah dan kesehatan jantung. Selain itu, quinoa tidak mengandung gluten, sehingga menjadi alternatif populer pengganti gandum bagi mereka yang menjalani diet bebas gluten.

Quinoa juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan proteinnya relatif tinggi. Oleh karena itu, ini dapat membantu meningkatkan pengelolaan berat badan yang sehat dan kesehatan usus.

2. Oat 

Oat merupakan sumber karbohidrat yang tergolong keluarga serelia, seperti gandum. Oat adalah biji-bijian utuh yang sangat menyehatkan dan sumber dari vitamin, mineral, dan antioksidan. Oat mentah mengandung 70% karbohidrat.

Oat juga merupakan sumber protein yang relatif baik dan mengandung lebih banyak protein dibandingkan kebanyakan biji-bijian. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi oat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, oat juga dapat menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2.

3. Buckwheat (Soba)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"