7 Cara Menenangkan Dirimu yang Sedang Diserang Anxiety, Semua Bisa Dilatih

7 Cara Menenangkan Dirimu yang Sedang Diserang Anxiety, Semua Bisa Dilatih

Kecemasan merupakan perasaan yang kerap dialami seseorang. Perasaan tegang, gugup, dan takut adalah respons tubuh kita terhadap ancaman yang dirasakan, dan dapat terjadi dalam kondisi apa pun. Entah saat debat dengan orang yang dicintai hingga saat akan wawancara kerja.

Ketika kecemasan meningkat dalam tubuh kita, gagasan untuk menenangkan diri terasa hampir mustahil. Emosi kita mungkin tampak di luar kendali, namun ada beberapa teknik yang dapat kamu pelajari, praktikkan, dan gunakan untuk memberimu kelegaan instan dari kecemasan, membantumu tetap tenang dalam situasi stres.

Berikut ini 7 cara cepat dan mudah ini mengatasi gelombang kecemasan dalam dirimu:

1. Terimalah Rasa Cemasmu

Ini mungkin tampak berlawanan dengan, namun terkadang hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menerima apa yang kita rasakan dan membiarkannya berjalan dengan sendirinya. Perasaan cemas adalah hal yang wajar; dengan menerima apa yang terjadi pada diri kita, suatu saat kita mempunyai bantuan untuk menghilangkan kecemasan kita lebih cepat daripada jika kita melawannya.

2. Lakukan Beberapa Teknik Relaksasi

Meditasi untuk atasi kecemasan (grid.id)

Saat kamu merasa cemas, pernapasanmu menjadi cepat dan dangkal serta ototmu menegang. Hal ini dapat berdampak pada tubuh dengan meningkatkan detak jantung dan menyebabkan sakit kepala ringan, mual, berkeringat, dan gejala fisik kecemasan lainnya.

Ada banyak latihan relaksasi untuk membantu mengurangi kecemasan. Salah satunya dengan mengatur napas. 

3. Alihkan Perhatianmu

Kapan pun kamu cemas, lakukan sesuatu yang bisa 'mengisi pikiranmu' dan membutuhkan fokus penuh. Hal ini dapat menjadi pengalih perhatian yang baik.

Hal-hal kecil seperti meninggalkan ruangan atau keluar rumah bisa efektif. Salah satu teknik lain yang digunakan sebagian orang untuk menenangkan kecemasannya adalah menghitung mundur.

4. Bergeraklah!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"