5 Makanan Wajib untuk Kamu yang Sering Anxiety

5 Makanan Wajib untuk Kamu yang Sering Anxiety

Apa yang kamu makan dan minum dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Makanan yang mungkin bisa mengurangi kecemasan antara lain sayuran berdaun hijau, beberapa jenis makanan laut, dan makanan kaya kalsium. Berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan dapat membantu menenangkan gejala stres dan kecemasan. Berikut ini 10 makanan super yang dapat membantu mengatasi kecemasanmu:

1. Alpukat

Mengonsumsi alpukat dalam porsi teratur dapat membantu mengatasi kecemasan karena kandungan vitamin B-nya. Makanan kaya vitamin B telah dikaitkan dengan penurunan gejala dan penurunan perasaan cemas.

Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung beberapa vitamin B, antara lain:

Riboflavin (B2)

Niasin (B3)

Asam pantotenat (B5)

Vitamin B6

Folat (B9)

2. Makanan Kaya Kalsium

Makanan kaya kalsium (alodokter.com)

Makanan kaya kalsium termasuk makanan olahan susu seperti keju dan yoghurt, serta sayuran seperti bayam dan kangkung dapat meningkatkan asupan kalsium dan bermanfaat memperbaiki suasana hatimu.

Peneliti menerima data dari 1.233 mahasiswa tentang asupan susu dan kalsium, stres, dan suasana hati. Para peneliti menemukan bahwa siswa yang mengonsumsi lebih banyak produk susu dan kalsium memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Selain itu, peningkatan asupan kalsium dikaitkan dengan rasa cemas yang berkurang dan lebih tangguh.

3. Telur

Gejala kecemasan bergantung pada hormon—seperti serotonin dan dopamin—di dalam sistem saraf pusat. Kuning telur mengandung vitamin D, yang dapat memengaruhi fungsi sistem saraf Anda.

Satu ulasan mengamati penelitian yang menyelidiki vitamin D dan suasana hati. Mereka menemukan bahwa sebagian besar penelitian menunjukkan berkurangnya gejala depresi, kecemasan, dan suasana hati dengan peningkatan kadar vitamin D.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau adalah pilihan yang baik jika kamu merasa cemas. Sebuah penelitian menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bahagia, dan energik ketika mereka makan lebih banyak buah dan sayuran.

Sayuran yang termasuk di dalamnya adalah sayuran berdaun hijau tua, wortel, dan mentimun. Sulit untuk membedakan mana yang lebih dulu—pikiran yang optimis atau pola makan yang sehat—namun para peneliti menemukan bahwa pola makan yang sehat tampaknya memprediksi suasana hati yang positif pada hari berikutnya.

5. Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang menyediakan lebih dari separuh asupan vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Jeruk juga bertindak sebagai antioksidan. Para peneliti telah menyadari bahwa vitamin C berperan dalam respons stres tubuh dan meningkatkan suasana hati.

Itu tadi 5 makanan yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mengatasi kecemasanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"