6 Cara Mengontrol Gula Darahmu Agar Tak Mengalami Lonjakan Gula Darah

6 Cara Mengontrol Gula Darahmu Agar Tak Mengalami Lonjakan Gula Darah

Lonjakan gula darah terjadi ketika kadar glukosa darah naik tepat setelah makan. Hal ini sebenarnya normal terjadi pada semua orang setelah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Ketika ini terjadi, dua reaksi penting terjadi di pankreas: pelepasan insulin segera dan pelepasan hormon yang disebut amylin.

Insulin bekerja dengan cepat untuk memindahkan glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel. Proses ini hanya membutuhkan beberapa menit. Amylin membantu mencegah makanan mencapai usus kecil terlalu cepat (tempat sebagian besar nutrisi diserap). Biasanya, kenaikan glukosa darah setelah makan bersifat sementara, bahkan hampir tidak terlihat.

Kadar gula darah bisa naik sangat tinggi setelah makan. Begitu insulin akhirnya masuk, penurunan gula darah yang cepat dapat terjadi.

# Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa kadar gula darah tinggi setelah makan dapat memperburuk timbulnya penyakit ginjal dan mempercepat perkembangan retinopati. Penderita diabetes tipe 2 mungkin mengalami lebih banyak masalah kardiovaskular ketika sering terjadi lonjakan gula darah setelah makan.

Untuk mencegah kondisi tersebut, berikut beberapa cara mencegah lonjakan gula darah:

1. Membatasi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"