5 Tips Sederhana untuk Menjaga Agar Otak Tetap Sehat Di Segala Usia

5 Tips Sederhana untuk Menjaga Agar Otak Tetap Sehat Di Segala Usia

Beragamiet dan olahraga hingga meluangkan waktu untuk perawatan diri serta relaksasi, kamu lakukan untuk kesehatan. Tapi apa kamu ingat untuk menjaga kesehatan otak?

Selain tubuh, otak bekerja setiap hari dan juga butuh dijaga kesehatannya. Penyakit degeratif pada otak bisa menimpa siapa aja.

Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Neuriva dan The Harris Poll, 89 persen dari orang Amerika ingin meningkatkan beberapa aspek kinerja otak mereka. 

Untuk menjaga kesehatan otak kau bisa melakukan hal-hal berikut ini gengs.

1. Olahraga

Olahraga (nytimes.com)

Aktivitas fisik sama pentingnya bagi otak seperti halnya bagi tubuh. Bisa melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir, sementara juga meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. 

Baik itu berjalan, menari, yoga atau bahkan mengepel lantai dapur, temukan aktivitas yang cocok buat kamu. Pentng untuk melakukan aktivitas yang meningkatkan detak jantung dan bikin kamu berkeringat.

2. Tidur nyenyak

Gak cuma tidur aja gengs, tapi yang nyenyak juga untuk menjaga fungsi otak. Istirahat dengan benar sangat penting. Saat Anda tidur, otak bekerja keras memulihkan informasi dan memori. Mempersiapkan diri untuk hari berikutnya.

Kurang tidur bisa mengganggu kemampuan sel-sel otak untuk berkomunikasi satu sama lain. Menyebabkan penyimpangan mental dan masalah persepsi dan memori.

3. Diet yang sehat

Makanan sehat (thedoctorweighsin.com)

Beragam penelitian menunjukkan hubungan antara kebiasaan diet dan kinerja kognitif. Penelitian menunjukkan bahwa diet gaya Mediterania yang kaya ikan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, zaitun, dan kacang-kacangan membantu menjaga kesehatan otak. 

Selain itu, mengurangi makanan tinggi lemak jenuh (seperti daging merah dan mentega) dapat membantu menangkal berbagai penyakit degeneratif yang memengaruhi jantung dan otak.

4. Konsumsi suplemen otak



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"