5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Area T-Zone

5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Area T-Zone

T-Zone adalah area berbentuk T antara hidung, dahi, dan dagu. Area ini memiliki unit pilosebaceous paling banyak di seluruh wajah yang artinya lebih banyak kelenjar minyak dan folikel rambut. Inilah yang membuat T-zone semakin berminyak. 

Karena jerawat biasanya disebabkan oleh kombinasi minyak berlebih dan sel kulit mati, kita biasanya melihat lebih banyak komedo putih dan komedo hitam di area T-zone dan umumnya menganggapnya lebih rentan berjerawat dibandingkan area wajah lainnya. 

Untuk mengatasi jerawat di area ini, coba praktikkan 5 cara berikut!

1. Gunakan Retinoid

Penyebab jerawat berdasarkan letaknya (pinterest.com)

Cara standar untuk mengatasi jerawat adalah menggunakan retinoid di malam hari. Jika kamu belum pernah menggunakan retinoid sebelumnya, retinoid harus digunakan secara perlahan ke dalam rutinitas perawatan kulit dan hanya digunakan dalam jumlah kecil di seluruh wajah. Sebelum menggunakan retinoid, coba konsultasikan dulu dengan doktermu ya!

2. Jangan Mengeringkan Kulit 

Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu mungkin berpikir bahwa melewatkan pelembap, mencuci muka dengan pembersih yang mengeringkan, atau menggunakan banyak bahan aktif sekaligus akan membantu mengurangi kelebihan minyak pada kulit, namun sebenarnya tidak demikian. 

Saat kulitmu kering, kelenjar sebaceous bekerja berlebihan untuk memproduksi lebih banyak sebum dalam upaya merehidrasi kulit, sehingga dapat menyebabkan lebih banyak jerawat. Coba masukkan produk hidrasi dengan asam hialuronat dan ceramide ke dalam rutinitas untuk mengembalikan kelembapan.

3. Gunakan Produk Non-Komedogenik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"