3 Tips Cegah Sembelit Saat Puasa, Jangan Tunggu Melilit!

3 Tips Cegah Sembelit Saat Puasa, Jangan Tunggu Melilit!

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang paling sering terjadi saat puasa. Hal ini disebabkan karena saat puasa, orang cenderung kurang minum dan mengalami perubahan pola makan. Karena itu, kamu wajib tahu bagaimana tips cegah sembelit saat puasa  agar perut tidak melilit.

Sebagai informasi, sembelit merupakan kondisi di mana seseorang susah buang air besar. Biasanya keluhan ini ditandai dengan frekuensi BAB yang kurang dari 3 kali dalam seminggu. Alhasil, kamu akan merasa perut sebah, nyaman, dan penuh. 

Tidak hanya itu, sembelit juga bisa ditandai dengan tinja yang terasa keras, rasa mengganjal di anus, dan harus mengejan saat BAB. Nah, untuk menghindari sembelit saat puasa nanti, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu seperti dikutip dari laman Alodokter.

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tips Cegah Sembelit Saat Puasa (via Okezone Health)

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari sembelit saat puasa adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Cairan dalam tubuh yang cukup akan membuat tinja menjadi lebih lembek dan mudah dikeluarkan.

Kamu harus minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas pada malam hari hingga menjelang tidur.

Selama puasa, kurangi konsumsi minuman berkafein dan bersoda, karena minuman-minuman tersebut membuat kamu buang air kecil lebih sering. Alhasil tubuh rentan kekurangan cairan, mudah lelah, dan berimbas pada susah buang air besar. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"