Rekomendasi Tempat Wisata di Garut, Ada Kampung Belanda yang Cuma Dihuni 24 Orang

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut, Ada Kampung Belanda yang Cuma Dihuni 24 Orang

Garut merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Lokasi Garut yang dekat dengan Bandung membuat banyak orang mencari tempat wisata di Garut. Salah satu pilihan destinasi wisata adalah Kampung Belanda yang tempatnya berada di antara Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. 

Kampung Belanda sebenarnya memiliki nama lain yakni Kampung Amsterdam. Kampung ini cukup unik karena hampir semua warganya keturunan Belanda. Makanya wajah orang-orang di Kampung Belanda mirip dengan orang-orang Eropa. Meski memiliki keturunan Belanda mereka memeluk agama Islam.

Jumlah warga di Kampung Belanda ini sangat sedikit. Total hanya 24 orang yang tinggal di daerah yang berada di Sukatani Kecamatan Cilawu, Jawa Barat. 24 orang di Kampung Belanda tinggal di 12 rumah sederhana di kawasan itu. Rumah-rumah di kampung itu adalah bangunan lama yang sampai sekarang belum direnovasi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut, Ada Kampung Belanda yang Cuma Dihuni 24 Orang (YouTube FHR 21 Entertainment)

Rumah di Kampung Belanda dibangun semi permanen dengan perpaduan bilik kayu dan tembok. Kebanyakan rumah di Kampung Belanda dibangun serentak sekitar tahun 1913 atau di masa penjajahan Belanda. Hal itu menjadi bukti bahwa zaman dulu banyak orang Belanda yang menetap di kawasan ini dan menikah dengan orang Indonesia hingga memiliki keturunan.

Kampung Belanda terletak di lahan seluas 7 hektar. Meski sudah lebih dari 100 tahun pemukiman itu berdiri namun kondisinya masih sangat baik dan asri. Saluran air masih berfungsi dengan baik. Kampung Belanda berada di kawasan Perkebunan Teh bernama Dayeuh Manggung. 

Lokasi Kampung Belanda sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Garut atau sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Memang Kampung Belanda masih jarang diketahui karena kalah pamor dari tempat wisata di Garut yang terkenal seperti Danau Situ Bagendit, Pantai Rancabuaya, hingga beberapa pemandian air panas di kawasan Cipanas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"